Rabu, 20 Juni 2012

LAPORAN PTK KIMIA (STRUKTUR SENYAWA HIDROKARBON)








Penelitian Tindakan Kelas


PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MEMBANGUN PEMAHAMAN KONSEP TERHADAP STRUKTUR SENYAWA HIDROKARBON























Diajukan untuk Mengikuti Lomba Kreativitas Ilmiah Guru (LKIG) XVII
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)  Tahun 2009

OLEH:

YUSUF SEHE, S.Pd. M.Pd.
NIP. 19700825 199601 1 001

Guru Kimia SMA Negeri 4 Palopo










ABSTRAK


Penelitian dengan judul Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Membangun Pemahaman Konsep terhadap Struktur Senyawa Hidrokarbon ini, bertolak dari kenyataan atas hasil belajar kimia yang dicapai oleh siswa pada konsep tersebut yang sangat memprihatinkan. Sebagai salah satu solusi pembelajaran, diujicobakan sumber belajar yang berasal dari lingkungan pada salah satu kelas yaitu kelas X dengan menggunakan prosedur PTK yang baku.  Tindakan dilakukan sebanyak 2 siklus untuk memperoleh data perkembangan hasil belajar siswa. Untuk keperluan pengumpulan data terhadap proses pembelajaran digunakan instrumen pengumpul data berupa lembar observasi sedangkan untuk mengetahuai perkembangan pemahaman konsep digunakan Lembar Kerja Siswa(LKS). Data yang diperoleh dianalisis kemudian direfleksi sehingga diperoleh gambaran tentang perubahan yang diharapkan terhadap hasil belajar siswa setelah mengikuti tindakan kelas. Dengan menggunakan pendekatan pembelajaran tuntas, maka hasil yang diperoleh dari penelitian ini mengacu pada pencapaian indikator pembelajaran yang telah dirancang sebelum dilakukan tindakan kelas. Dari 2 indikator pembelajaran yang diukur, keduanya menunjukkan kenaikan jika dibandingkan antara siklus I dan siklus II. Kiranya pemanfaatn lingkungan sebagai sumber belajar dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif peningkatan hasil belajar siswa bagi guru yang lain.

















KATA PENGANTAR




Syukur Alhamdulillah, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Membangun Pemahaman Konsep terhadap Struktur Senyawa Hidrokarbon ini, akhirnya dapat dirampungkan sebelum batas akhir pengiriman karya ke Panitia Lomba Kreativitas Guru (LKIG) XVII Tahun 2009.
Penelitian  ini terinspirasi dari kenyataan tentang hasil belajar kimia yang dicapai oleh siswa pada tahun pelajaran sebelumnya yang sangat memprihatinkan. Atas dorongan bahwa guru merupakan agen pembelajaran yang senantiasa dituntut untuk mengembangkan kreativitas dalam mendesain pembelajaran agar mudah dipahami dan dimengerti oleh peserta didik, kemudian dilakukan penelitian  untuk menemukan sebuah solusi tindakan pembelajaran yang hasilnya sebagaimana yang termuat dalam laporan ini.
Peneliti menyadari sepenuhnya bahwa dalam laporan ini tidak tertutup kemungkinan adanya kekeliruan yang membutuhkan kritik dan saran yang konstruktif demi perbaikan selanjutnya. Oleh sebab itu kepada semua pihak yang telah membaca laporan ini dan menemukan kekeliruan atau kesalahan di dalamnya, kiranya dapat disampaikan ke Peneliti.
Akhirnya semoga Allah SWT, tetap mencurahkan kasih sayang-Nya kepada kita semua dan memberikan taufik-Nya sehingga semua aktifitas yang kita lakukan mendapat ridha’ dari-Nya. Ucapan terima kasih tak lupa pula Peneliti sampaikan kepada :
  1. Ibu Dra. Nursiah Abbas, Kepala SMA Negeri 4 Palopo atas dukungan dan bantuannya sehingga PTK ini dapat terselesaikan.
  2. Ibu Andi Irawati, S.Pd., rekan guru yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk bertindak sebagai pengamat dan sekaligus sebagai kolaborator dalam merancang tindakan tiap siklus.
  3. Semua pihak yang telah memberikan bantuannya sehingga penelitian ini dapat diselesaikan.
Semoga karya tulis ini dapat bermanfaat.



Palopo,  13 Juni 2009
Peneliti.











DAFTAR  ISI

                                                                                                                     Hal.
Halaman judul .........................................................................................       i
Abstrak     .............. ................................................................................       ii
Kata Pengantar ........................................................................................      iii
Daftar Isi .................................................................................................       v
BAB I Pendahuluan
A.  Latar Belakang .......................................................................      1
B.  Rumusan Masalah ..................................................................      3
C.  Tujuan Penelitian ...................................................................       3
D.  Manfaat Hasil Penelitian .......................................................       3
BAB II Kajian Pustaka dan Hipotesis Tindakan
A.  Sumber Belajar   .......................................................................    4
B.  Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar ..................    4
C.  Hipotesis Tindakan   .................................. .............................    6
BAB III Metode Penelitian Tindakan
A.  Sasaran Penelitian ...................................................................     7
B.  Tempat dan Waktu Penelitian ..................................................    7
C.  Prosedur Penelitian  ................ ................................................    7
D.  Pelaksanaan Observasi ...........................................................      13
E. Pelaksanaan Refleksi  ..............................................................      14


BAB IV Hasil Penelitian dan Refleksi
A.  Hasil Penelitian dan Refleksi Siklus I ........................................  15
B.  Hasil Penelitian dan Refleksi Siklus II ..................................      19
BAB V Kesimpulan
A.  Kesimpulan ............................................................................      23
B.  Saran ......................................................................................      23

Daftar Pustaka .........................................................................................      24
Lampiran-lampiran.................................................................................         25
Curuculum Vitae ......................................................................................      40



Tidak ada komentar:

Posting Komentar