Web_Cams_Travel

Sabtu, 23 Juni 2012

RPP KIMIA KELAS X SEMESTER GANJIL








( RPP )


Sekolah                       : SMA Negeri 4 Palopo
Kelas                           : X (sepuluh)
Semester                     : 1 (ganjil)
Mata Pelajaran          : KIMIA

Standar Kompetensi
1.Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia.

Kompetensi Dasar
1.1  Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron.

Indikator

1.       Menjelaskan perkembangan teori atom
2.       Menjelaskan struktur atom berdasarkan teori atom Bohr
3.       Menjelaskan eksperimen yang menunjukkan penemuan partikel dasar penyusun atom
4.       Menunjukkan kekhasan suatu atom berdasarkan nomor massa dan nomor atomnya
5.       Menghitung massa atom relatif suatu unsur
6.       Menentukan konfigurasi elektron dan elektron valensi
7.       Menentukan letak unsur dalam tabel periodik berdaskan konfigurasi elektronnya
8.       Menjelaskan sifat-sifat periodik unsur
9.       Menguraikan perubahan sifat periodik unsur dalam tabel periodik unsur moder’n.

Materi Pokok
  • Perkembangan teori atom
o   Teori atom Dalton
o   Teori atom Rutherford
o   Teori atom Bohr
  • Partikel penyusun atom
o   Eksperimen yang menunjukkan adanya partikel dasar atom
o   Nomor atom dan nomor massa.
o   Isobar, isotop, isoton
  • Massa atom relatif

  • Elektron dalam atom
  • Tabel periodik unsur moder’n
  • Sifat-sifat periodik unsur


Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
1.       Menjelaskan perkembangan teori atom
2.       Menjelaskan struktur atom berdasarkan teori atom Bohr
3.       Menjelaskan eksperimen yang menunjukkan penemuan partikel dasar penyusun atom
4.       Menunjukkan kekhasan suatu atom berdasarkan nomor massa dan nomor atomnya
5.       Menghitung massa atom relatif suatu unsur
6.       Menentukan konfigurasi elektron dan elektron valensi
7.       Menentukan letak unsur dalam tabel periodik berdaskan konfigurasi elektronnya
8.       Menjelaskan sifat-sifat periodik unsur
9.       Menguraikan perubahan sifat periodik unsur dalam tabel periodik unsur moder’n.


Strategi  Pembelajaran
1.Pendekatan  :   - Pembelajarn berbasis aktivitas siswa (PBAS)
                                                -  Cooperative Learning
2.    Metode              :   -  Diskusi kelompok
                                                 -  Demonstrasi
                                                  -  Ceramah

D. Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan 1

Langkah
Indikator
Aktivitas Guru
Aktivitas Siswa
Langkah 1
(5 menit)
Menyampaikan tujuan
dan memotivasi siswa.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengkomunikasikan  kompetensi dasar yang akan dicapai serta memotivasi siswa.
Memperhatikan penjelasan guru
Langkah 2
(30 menit)
Menyajikan informasi.
Guru menayangkan slide power point yang berisikan materi pelajaran beserta petunjuk untuk mengerjakan soal yang ada pada modul.
Siswa memperhatikan tayangan slide dan mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada modul  secara individual.
Langkah 3
(5 menit)
Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar.
Guru menginformasikan pengelompokan siswa dan menjelaskan teknis/aturan main dalam kerja kelompok serta membantu setiap kelompok agar melakukan sering pendapat secara efisien.
Siswa menuju kelompok yang telah ditentukan oleh guru, dengan membawa hasil pekerjaan individual.
Langkah 4
(30 menit)

Membimbing kelompok belajar.

Guru memotivasi serta memfasilitasi
kerja siswa dalam kelompok-kelompok belajar saat mereka mendiskusikan tugas.
Selanjutnya siswa mediskusikan dan saling memeriksa jawaban yang telah dikerjakan secara individual  dalam kelompoknya
Langkah 5
(15 menit)
Evaluasi.
Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi pembelajaran yang telah dilaksanakan atau masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas dan merumuskan kesimpulan
Langkah 6
(5 menit
Memberikan penghargaan.

Guru memberi penghargaan hasil belajar individual dan kelompok.
Menerima hasil penghargaan individual dan kelompok.

Pertemuan 2

Langkah
Indikator
Aktivitas Guru
Aktivitas Siswa
Langkah 1
(5 menit)
Menyampaikan tujuan
dan memotivasi siswa.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengkomunikasikan  kompetensi dasar yang akan dicapai serta memotivasi siswa.
Memperhatikan penjelasan guru
Langkah 2
(30 menit)
Menyajikan informasi.
Guru menayangkan slide power point yang berisikan materi pelajaran beserta petunjuk untuk mengerjakan soal yang ada pada modul.
Siswa memperhatikan tayangan slide dan mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada modul  secara individual.
Langkah 3
(5 menit)
Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar.
Guru menginformasikan pengelompokan siswa dan menjelaskan teknis/aturan main dalam kerja kelompok serta membantu setiap kelompok agar melakukan sering pendapat secara efisien.
Siswa menuju kelompok yang telah ditentukan oleh guru, dengan membawa hasil pekerjaan individual.
Langkah 4
(30 menit)

Membimbing kelompok belajar.

Guru memotivasi serta memfasilitasi
kerja siswa dalam kelompok-kelompok belajar saat mereka mendiskusikan tugas.
Selanjutnya siswa mediskusikan dan saling memeriksa jawaban yang telah dikerjakan secara individual  dalam kelompoknya
Langkah 5
(15 menit)
Evaluasi.
Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi pembelajaran yang telah dilaksanakan atau masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas dan merumuskan kesimpulan
Langkah 6
(5 menit
Memberikan penghargaan.

Guru memberi penghargaan hasil belajar individual dan kelompok.
Menerima hasil penghargaan individual dan kelompok.

Pertemuan 3

Langkah
Indikator
Aktivitas Guru
Aktivitas Siswa
Langkah 1
(5 menit)
Menyampaikan tujuan
dan memotivasi siswa.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengkomunikasikan  kompetensi dasar yang akan dicapai serta memotivasi siswa.
Memperhatikan penjelasan guru
Langkah 2
(30 menit)
Menyajikan informasi.
Guru menayangkan slide power point yang berisikan materi pelajaran beserta petunjuk untuk mengerjakan soal yang ada pada modul.
Siswa memperhatikan tayangan slide dan mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada modul  secara individual.
Langkah 3
(5 menit)
Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar.
Guru menginformasikan pengelompokan siswa dan menjelaskan teknis/aturan main dalam kerja kelompok serta membantu setiap kelompok agar melakukan sering pendapat secara efisien.
Siswa menuju kelompok yang telah ditentukan oleh guru, dengan membawa hasil pekerjaan individual.
Langkah 4
(30 menit)

Membimbing kelompok belajar.

Guru memotivasi serta memfasilitasi
kerja siswa dalam kelompok-kelompok belajar saat mereka mendiskusikan tugas.
Selanjutnya siswa mediskusikan dan saling memeriksa jawaban yang telah dikerjakan secara individual  dalam kelompoknya
Langkah 5
(15 menit)
Evaluasi.
Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi pembelajaran yang telah dilaksanakan atau masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas dan merumuskan kesimpulan
Langkah 6
(5 menit
Memberikan penghargaan.

Guru memberi penghargaan hasil belajar individual dan kelompok.
Menerima hasil penghargaan individual dan kelompok.

Pertemuan 4

Langkah
Indikator
Aktivitas Guru
Aktivitas Siswa
Langkah 1
(5 menit)
Menyampaikan tujuan
dan memotivasi siswa.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengkomunikasikan  kompetensi dasar yang akan dicapai serta memotivasi siswa.
Memperhatikan penjelasan guru
Langkah 2
(30 menit)
Menyajikan informasi.
Guru menayangkan slide power point yang berisikan materi pelajaran beserta petunjuk untuk mengerjakan soal yang ada pada modul.
Siswa memperhatikan tayangan slide dan mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada modul  secara individual.
Langkah 3
(5 menit)
Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar.
Guru menginformasikan pengelompokan siswa dan menjelaskan teknis/aturan main dalam kerja kelompok serta membantu setiap kelompok agar melakukan sering pendapat secara efisien.
Siswa menuju kelompok yang telah ditentukan oleh guru, dengan membawa hasil pekerjaan individual.
Langkah 4
(30 menit)

Membimbing kelompok belajar.

Guru memotivasi serta memfasilitasi
kerja siswa dalam kelompok-kelompok belajar saat mereka mendiskusikan tugas.
Selanjutnya siswa mediskusikan dan saling memeriksa jawaban yang telah dikerjakan secara individual  dalam kelompoknya
Langkah 5
(15 menit)
Evaluasi.
Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi pembelajaran yang telah dilaksanakan atau masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas dan merumuskan kesimpulan
Langkah 6
(5 menit
Memberikan penghargaan.

Guru memberi penghargaan hasil belajar individual dan kelompok.
Menerima hasil penghargaan individual dan kelompok.


Media dan Sumber belajar
a.       Mudul Kelas X
b.       Tampilan materi pada slide power point.
c.        Tabel periodik
d.       Buku referensi yang relevan
e.       Laptop/LCD Proyektor.


F. Penilaian Hasil Belajar
a. Kognitif
-      Tes tertulis
-      Penugasan    
Instrumen:
1.        Tes Uraian untuk tugas
1.        Jelaskan struktur atom berdasarkan teori atom Bohr !
2.        Gambarkan model atom Bohr beserta  partikel-partikel dasarnya (proton, elektron, netron) !
3.        Massa rata-rata 1 atom X = 4,037 x 10 gram. Tentukan massa atom relatif (Ar) X jika massa 1 atom C = 1,99268 x 10gram.
4.        Jika Ar. C = 12; Ar. O = 16; dan Ar. H = 1, tentukan Mr. H2CO3.
5.        Berikut ini adalah notasi lengkap dari atom unsur C, dan Al, tentukan masing-masing :
-         jumlah protonnya
-         jumlah elektronnya
-         jumlah netronnya
-         konfigurasi elektronnya
-         elektron valensinya
-         golongan dan periode dalam tabel periodik unsur modern.
6.        Dari beberapa unsur yang notasi atomnya sebagai berikut:
C, N,  C, P, S
Kelompokkan ke dalam isotop, isobar, dan isoton !
7.        Klasifikasikan unsur-unsur periode 3 kedalam logam, non logam dan metaloid.
8.        Jelaskan pengertian keempat sifat-sifat periodik unsur beserta perubahannya dalam golongan (dari kiri ke kanan) dan dalam periode (dari atas ke bawah).

Kunci  Jawaban dan Penskoran Nilai
No
Uraian Jawaban
Skor
1
Bohr mengemukakan 4 potsulat tentang atom yang intinya adalah bahwa atom terdiri atas inti yang dikelilingi oleh elektron yang beredar pada lintasan tertentu. Elektron dapat berpindah lintasan dengan menyerap atau melepas elektron.
2
2
Model atom Bohr:
                                  Inti atom
                     elektron
               lintasan elektron
4
3
Massa rata-rata 1 atom unsur X
 

1/12 x massa 1 atom C
 
Ar X =


4,037 x 10 gram
 
 
1/12 x 1,99268 x 10gram
 
      =                                                            = 24,311


4
4
Mr. H2CO3 = ( 2 x Ar.H) + ( 1 x Ar.C) + ( 3 x Ar. O)
                    = ( 2 x 1 )  +  ( 1 x 12 )  +  ( 3 x 16 )
                    = 2  +  12  +  48
                    = 62
4
5

Atom unsur C
jumlah protonnya           = 6
jumlah elektronnya        = 6
jumlah netronnya           = 6
konfigurasi elektronnya = 2 , 4
elektron valensinya        = 4
golongan                        = IV A
periode                           = 2

Atom unsur Al
jumlah protonnya           = 13
jumlah elektronnya        = 13
jumlah netronnya           = 14
konfigurasi elektronnya = 2 , 8 , 3
elektron valensinya        = 3
golongan                        = III A
periode                           = 3
7
6
Isotop   = C dan C

Isobar   = N dan  C

Isoton   = P dan  S

3
7
Logam       : Na, Mg, Al
Metaloid    : Si
Nonlogam  : P, S, Cl, Ar
3
8
a.    Jari-jari atom adalah jarak antara inti atom dengan elektron pada kulit terluar.
Perubahan :
Ø  Dalam satu golongan dari atas ke bawah semakin besar
Ø  Dalam satu periode dari kiri ke kanan semakin kecil
b.    Afinitas elektron adalah energi yang dibebaskan suatu atom berfase gas jika menangkap sebuah elektron sehingga menjadi ion bermuatan -1.
Perubahan :
Ø  Dalam satu golongan dari atas ke bawah semakin kecil
Ø  Dalam satu periode dari kiri ke kanan semakin besar
c.    Energi ionisasi adalah energi minimum yang diperlukan oleh atom berfase gas untuk melepaskan sebuah elektron.
Perubahan :
Ø  Dalam satu golongan dari atas ke bawah semakin kecil
Ø  Dalam satu periode dari kiri ke kanan semakin besar
d.    Elektronegatifitas adalah kecenderungan suatu atom untuk menarik elektron ( bermuatan negatif) dalam suatu ikatan.
Perubahan :
Ø  Dalam satu golongan dari atas ke bawah semakin kecil
Ø  Dalam satu periode dari kiri ke kanan semakin besar

12



Skor perolehan
 
 
Skor maximum
 
    Nilai =                                                X 100



Untuk Ulangan Harian
1.        Struktur atom berdasarkan teori yang dikembangkan oleh Niels Bohr, terdiri atas 2 bagian yaitu inti atom dan lintasan elektron yang kemudian dikenal dengan kulit atom. Pada tiap bagian dari atom tersebut ditempati oleh jenis pertikel tertentu. Jenis partikel yang menempati inti atom adalah .........
a.        proton                         c.  proton dan elektron        e.  elektron dan neutron.
b.        elektron                      d.  proton dan neutron
2.        Atom Na mempunyai notasi sebagai berikut :  . Berdasarkan notasi tersebut, dapat ditentukan bahwa atom natrium mempunyai :
a.        proton = 11; elektron = 12; neutron = 12
b.        proton = 12; elektron = 11; neutron = 12
c.        proton = 11; elektron = 11; neutron = 11
d.        proton = 12; elektron = 12; neutron = 12
e.        proton = 11; elektron = 11; neutron = 12
3.        Dari empat unsur berikut:
, , , dan
Yang merupakan isotop adalah ............
a.   dan                  c.  dan                   e.   dan
b.  , dan                                 d.   dan
4.        Atom X mempunyai nomor massa 40 dan nomor atom 20, sedangkan Y mempunyai nomor massa 39 dan nomor atom 19. Atom X dan Y adalah ........
a.        isotop                                         c.  isoton                                                e.  isolator
b.        isobar                                         d.  Isotonik

5.        Jika diketahui; Ar. H = 1; Ar. C = 12; dan O = 16, maka massa molekul relatif ( Mr ) dari CO2 adalah .........
a.        28                                                c.  18                                                      e.  24
b.        44                                                d.  32
6.        Di antara molekul berikut, yang memiliki Mr = 16 adalah .......
( Gunakan data Ar pada soal nomor 5 di atas )
a.        CH4                                             c.  H2O                                   e.  H2CO3
b.        CO2                                            d.  O2
7.        Jika setiap molekul H2O memiliki Mr = 18, maka Mr dari 2 molekul H2O adalah:
a.        36                                                c.  25                                      e.  23
b.        18                                                d.  50
8.        Kristal kupri sulfat hidrat ( CuSO4.5H2O ) memiliki massa molekul relatif (Mr) = 249,5. Jika kristal ini dipanaskan hingga molekul H2O-nya habis menguap, maka Mr dari CuSO4 adalah:
a.        195,5                                          c.  90                                      e.  160
b.        159,5                                          d. 90,5
9.        Unsur yang berada dalam satu periode dalam tabel periodik unsur moder’n mempunyai :
a.        elektron yang sama
b.        sifat fisik yang sama
c.        jumlah kulit elektron yang sama
d.        jumlah elektron valensi yang sama
e.        konfigurasi elektron yang sama
10.     Periode dalam tabel periodik unsur menyatakan banyaknya ........
a.        elektron pada atom
b.        neutron pada inti atom
c.        proton pada inti atom
d.        kulit pada atom
e.        elektron pada kulit atom
11.     Kelompok unsur berikut yang merupakan unsur segolongan adalah ........
a.        O, F, Ne, dan Na
b.        Na, Ca, Ba, dan Ra
c.        H, F, Cl, dan Na
d.        Be, Mg, Sr, dan Ca
e.        N, O, C, dan S
12.     Jika suatu unsur mempunyai konfigurasi elektron 2, 8, 7,  maka unsur tersebut dalam Tabel Periodik Unsur Moder’n berada pada .......
a.        periode 2, golongan II A
b.        periode 2, golongan VII A
c.        periode 7, golongan II A
d.        periode 7, golongan III A
e.        periode 3, golongan VII A

13.     Atom  akan mempunyai konfigurasi elektron :
a.        2 , 8 , 8
b.        2 , 8 , 9
c.        2 , 8 , 2
d.        2 , 8 , 1
e.        2 , 7 , 2
14.     Atom yang bernomor atom 18 akan mempunyai kulit sebanyak .....
a.        1                                                  d.  4
b.        2                                                  e.  5
c.        3
15.     Di antara atom-atom: , Ne ,   ,   , dan  yang memiliki elektron valensi sebanyak 8 adalah ......
a.                                                                   d. 
b.        Ne                                                          e. 
c.       
16.     Di antara unsur berikut yang termasuk logam adalah .............
a.        aluminium ( Al )                        d.  nitrogen  ( N )
b.        oksigen ( O )                                             e.  belerang  ( S )
c.        karbon  ( C )
17.     Pada periode 2 Tabel Periodik Unsur Moder’n terdapat unsur secara berurut : Li, Be, B, C, N, O, F. Unsur yang paling kecil jari-jari atomnya adalah ........
a.        F                                                  d.  Li
b.        O                                                 e.  Be
c.        N
18.     Kelompok unsur yang memiliki keelektronegatifan terbesar adalah ........
a.        Li, Na, K, dan Rb                      d.  Be, Mg, Ca, dan Sr
b.        F, Cl, Br, dan I                           e.  B, Al, N, dan O
c.        S, Si, Sn, dan Se
19.     Di antara sifat-sifat unsur berikut, yang bukan merupakan sifat logam adalah ....
a.        permukaan mengkilap bila digosok
b.        dapat mengalami korosi
c.        hancur ketika berusaha diubah bentuknya
d.        penghantar panas dan listrik yang bauk
e.        dapat ditempa dan diulur.
20.     Kecenderungan suatu atom unsur untuk melepaskan elektronnya ditunjukkan oleh ........
a.        jari-jari atom
b.        energi ionisasi
c.        elektronegatifitas
d.        afinitas elektron
e.        energi atomisasi

·         Penilaian Aktifitas Siswa :
Dilaksanakan pada saat KBM berlangsung, yang dinilai menggunakan lembar pengamatan/observasi sebagai berikut.

LEMBAR OBSERVASI AKTIFITAS SISWA
No
Aspek yang Dobservasi
Skor
Total Skor
1
2
3
4
1
Antusias dalam mengikuti pembelajaran





2
Interaksi dengan guru





3
Interaksi dengan teman





4
Aktifitas dalam  kelompok





5
Partisipasi penyampaikan hasil kerja kelompok





Pedoman Penskoran :
0 s/d 5                    : sangat tidak aktif
6 s/d 10  : tidak aktif
11 s/d 15               : aktif
16 s/d 20               : sangat aktif

Tindak lanjut :
Ø  Siswa yang telah berhasil dengan nilai di atas ketuntasan dilanjutkan ke kompetensi dasar berikutnya.
Ø  Siswa yang belum mencapai ketuntasan kognitif dapat melanjutkan ke kompetensi berikutnya tetapi harus mengikuti program remedial terlebih dahulu dan diberikan ulangan perbaikan.

                                                                                                                               
                                                        Palopo,                    2009
Mengetahui
Kepala Sekolah,                                                                                                          Guru Mata Pelajaran


Dra. Nursiah Abbas                                                                                               Yusuf Sehe, S.Pd.
NIP. 19540515 197903 2 006                                                                                    NIP. 19700825 199601 1 001


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar