Jumat, 27 Juli 2012

KISI-KISI DAN MATERI SOAL UJI KOMPETENSI GURU KIMIA


KISI-KISI DAN MATERI SOAL UJI KOMPETENSI GURU KIMIA
MATA PELAJARAN     : KIMIA
JENJANG                     : SMA/MA/SMK/MAK
KOMPETENSI PEDAGOGIK
No.
Indikator Esensial
Materi Kajian
1
Mengetahui ciri-ciri fisik peserta didik

2
Mengetahui sikap dan perilaku peserta didik

3
Mengetahui latarbelakang sosial dan kultur peserta didik

4
Mengetahui potensi yang dimiliki siswa dalam pelajaran kimia

5
Mengetahui kemampuan awal siswa dalam pelajaran kimia

6
Mengetahui kesulitan belajar siswa dalam pelajaran kimia

7
Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran kimia di SMA/MA
Macam-macam teori belajar:
·         Teori Belajar Thorndike (Teori Koneksionisme) “belajar merupakan peristiwa terbentuknya asosiasi-asosiasi antara peristiwa-peristiwa yang disebut stimulus (S) dengan respon (R)
·         Teori Belajar Menurut Bruner,  “menyatakan belajar merupakan suatu proses aktif yang memungkinkan manusia untuk menemukan hal-hal baru di luar informasi yang diberikan kepada dirinya”
·         Teori belajar Menurut Piaget; “dalam pandangan Piaget, terdapat dua proses yang mendasari perkembangan dunia individu, yaitu pengorganisasian dan penyesuaian
·         Teori belajar bermakna David Ausubel
·         Teori belajar Gagne yang bertpendapat bahwa “Belajar terjadi apabila suatu situasi stimulus bersama dengan isi ingatannya mempengaruhi siswa sedemikian rupa sehingga perbuatannya berubah dari sebelum ia mengalami situasi dengan setelah mengalami situasi tadi. Belajar dipengaruhi

8
Menjelaskan sintak model pembelajaran Jigsaw
·         Guru membagi suatu kelas menjadi beberapa tim, dengan setiap kelompok terdiri dari 4 – 6 siswa dengan kemampuan yang berbeda.
·         Tiap orang dalam tim diberi materi dan tugas yang berbeda
·          Anggota dari tim yang berbeda dengan penugasan yang sama membentuk kelompok baru (kelompok ahli)
·         Setelah kelomppok ahli berdiskusi, tiap anggota kembali kekelompok asal dan menjelaskan kepada anggota kelompok tentang subbab yang mereka kuasai.
·         Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi
·         Konfirmasi teori/pembahasan oleh guru bersama-sama siswa
9
Menerapkan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran kimia di SMA/MA

Beberapa strategi pembelajaran :
·         Ekspository yang memfokuskan penyampaian informasi secara verbal
·         Inqiury yang memfokuskan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk menemukan sendiri jawaban
·         Berbasis masalah memposisikan masalah sebagai kata kunci dalam proses pembelajaran.
·         CTL menekankan pada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang akan dipelajarai dan dihubungkan dengan kehidupan nyata.

10
Memilih pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran untuk mengajarakan kimia di  SMA/MA

11
Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum
·         Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
·         Beragam dan terpadu
·         Tanggap terhadap perkembangan ilmu  pengetahuan, teknologi dan seni
·         Relevan dengan kebutuhan kehidupan
·         Menyeluruh dan berkesinambungan
·         Belajar sepanjang hayat
·         Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah

12
Menerapkan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum

13
Menjelaskan tujuan pembelajaran untuk mengajarkan
materi kimia pada SK dan KD tertentu

14
Menuliskan tujuan pembelajaran

15
Merumuskan pengalaman belajar siswa guna mencapai tujuan yang ditetapkan

16
Menentukan materi pembelajaran kimia terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran.

17
Menjelaskan manfaat bahan ajar sesuai tujuan pembelajaran.
Diperoleh bahan ajar yang sesuai tuntutan kurikulum dan sesuai dengan kebutuhan belajar siswa
18
Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian

19
Memilih indicator yang sesuai untuk meteri kimia dengan SK dan KD tertentu.

20
Memahami prinsip-prinsip pengembangan RPP
1.    Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
2.    Mendorong partisipasi aktif peserta didik
3.    Mengembangkan budaya membaca dan menulis
4.    Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
5.    Keterkaitan dan keterpaduan
6.    Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi

21
Menjelaskan prinsip-prinsip Pengembangan RPP

22
Memahami komponen-komponen dalam RPP.
Identitas; SK; KD; Indikator; Tujuan Pembelajaran; Materi Ajar; Alokasi Waktu; Metode Pembelajaran; Kegiatan Pembelajaran (Pendahuluan – Inti – Penutup); Penilaian hasil belajara, dan Sumber belajar.
23
Menjelaskan Komponen-komponen RPP yang sesuai dengan EEK dan berkarakter

24
Menyusun RPP untuk kegiatan di dalam kelas dan di laboratorium

25
Melaksanakan pembelajaran sesuai RPP yang telah  dikembangkan

26
Menggunakan media  pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan pelajaran kimia yang diajarkan.

27
Mennyusun media pembelajaran yang akan digunakan dalam pembelajaran

28
Mengambil keputusan  transaksional dalam pembelajaran kimia sesuai situasi yang  berkembang

29


Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran kimia

30
Memilih teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran kimia

31

Memfasilitasi berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi optimal

32
Memfasilitasi berbagai kegiatan pembelajaran untuk
mengaktualisasikan potensi peserta didik untuk berkreasi

33
Memahami berbagai strategi berkomunikasi yang efektif secara lisan atau tulisan.

34
Menerapkan tehnik bertanya dalam pembelajarannya

35
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik menggunakan bahasa yang khas dalam PBM kimia

36
Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses hasil belajar kimia
Penilaian hasil belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:

1.       Sahih (valid), yakni penilaian didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur;
2.       Objektif, yakni penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai;
3.       Adil, yakni penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik, dan tidak membedakan latar belakang sosial-ekonomi, budaya, agama, bahasa, suku bangsa, dan jender;
4.       Terpadu, yakni penilaian merupakan komponen yang tidak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran;
5.       Terbuka, yakni prosedur penilaian, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dapat diketahui oleh pihak yang berkepentingan; 
6.       Menyeluruh dan berkesinambungan, yakni penilaian mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik yang sesuai, untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik;
7.       Sistematis, yakni penilaian dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah yang baku;  
8.       Menggunakan acuan kriteria, yakni penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan;
9.       Akuntabel, yakni penilaian dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya.

37
Menjelaskan prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses hasil belajar kimia

38
Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar kimia untuk dievaluasi.
Aspek yang dinilai untuk maple kimia meliputi, kognitif, psikomotordan afektif
39
Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
Dalam rancangan penilaian, tes dilakukan secara berkesinambungan melalui berbagai macam ulangan dan ujian. Ulangan meliputi ulangan  harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas. Sedangkan ujian terdiri atas ujian  nasional dan ujian sekolah
40
Menentukan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
Teknik penilaian antara lain melalui tes, observasi, penugasan, inventori, jurnal, penilaian diri, dan penilaian antarteman yang sesuai dengan  karakteristik kompetensi dan tingkat perkembangan peserta didik
41
Mengadministrasikan penilaian proses dan hasil belajar.

42
Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk berbagai tujuan.

43
Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar.

44
Menggunakan informasi hasil penilaian untuk menentukan ketuntasan belajar

45
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan.

46
Mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi kepada pemangku kepentingan
LHBS
47
Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

48
Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah  dilaksanakan

49
Menggunakan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran.

50
Menyusun Proposal PTK
Sistimatika proposal PTK:
Judul, Latar Belakang Masalah, Permasalahan, Cara Pemecahan Masalah, Tujuan Penelitian, Manfaat Penelitian, Kerangka Teoretik, Hipotesis Tindakan, Rencana Penelitian, Jadwal Penelitian, Rencana Anggaran, Daftar Pustaka.
51
Menyusun Instrumen Untuk PTK
Instrumen Penelitian :
·         Lembar Observasi
·         Angket
·         Tes dan Data Hasil Belajar
52
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.


Tulisan ini hanyalah catatan pribadi untuk menghadapi UJI KOMPTENSI GURU yang telah disertifikasi.
Materi dikembangkan sesuai kisi-kisi yang diterbitkan Kemdikbud.
Salam Hormat,
YUSUF SEHE
GURU SMAN 4 PALOPO