SILABUS
Nama
Sekolah : SMA Negeri 4 Palopo
Mata
Pelajaran : KIMIA
Kelas/Semester : XII IPA / 1
Tahun
Pelajaran : 2011/2012
Standar
Kompetensi : 1. Menjelaskan sifat- sifat koligatif larutan non-elektrolit dan elektrolit.
Alokasi
Waktu : 20 jam ( 2 jam untuk UH)
Kompetensi
dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator/Karakter
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
bahan/alat
|
1.1 Menjelaskan penurunan
tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku larutan, dan tekanan
osmosis termasuk sifat koligatif larutan
|
§ konsentrasi larutan
§ pengertian sifat koligatif larutan non elektrolit
(hukum Raoulth) dan larutan elektrolit
§ tekanan uap jenuh larutan
|
§ Menghitung konsentrasi suatu larutan (kemolalan,
kemolaran dan fraksi mol) dan menghubungkannya dengan sifat koligKatif
larutan melalui diskusi kelas
§ Menjelaskan pengaruh zat terlarut yang sukar menguap
terhadap tekanan uap pelarut dan menghitung tekanan uap larutan berdasarkan
data percobaan melalui diskusi kelas
|
§ Menghitung konsentrasi suatu larutan (kemolalan dan
fraksi mol)
dengan teliti
§ Munggunakan
bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan
pengertian sifat koligatif larutan non elektrolit (hukum Raoulth) dan larutan
elektrolit
§ Munggunakan
bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan
pengaruh zat terlarut yang sukar menguap terhadap tekanan uap pelarut
§ Menghitung tekanan uap larutan berdasarkan data
percobaan dengan
teliti
|
§ Jenis tagihan
- tugas individu
- kuis
- tugas kelompok
- ulangan
§ Bentuk instrumen
-
performans (kinerja
dan sikap)
-
laporan
tertulis
-
tes tertulis
|
6
jam
|
§ Sumber
-
Modul Kimia Kls XII
-
buku kimia 3
penerbit Erlangga
§ Bahan
- lembar kerja
|
|
§ Titik beku dan titik didih larutan elektrolit dan non
elektrolit
§ diagram PT
§ Tekanan osmosis larutan elektrolit dan non elektrolit
|
·
Merancang
dan melakukan percobaan untuk menentukan titik beku dan titik didih larutan
elektrolit dan non elektrolit dalam kerja kelompok di laboratorium
·
Menyimpulkan
pengaruh zat terlarut terhadap penurunan titik beku dan kenaikan titik didih
larutan.
·
Berlatih
menghitung D Tf dan DTb larutan
·
Menganalisis
diagram PT untuk
menafsirkan penurunan tekanan uap,
penurunan titik beku dan kenaikan titik didih larutan melalui diskusi kelas
§ Menjelaskan pengertian osmosis , tekanan osmosis dan
menghitung tekanan osmosis larutan elektrolit dan non elektrolit serta terapannya
melalui diskusi kelas
|
§ Mengamati penurunan titik beku suatu zat cair akibat
penambahan zat terlarut melalui percobaan dengan teliti
§ Menghitung penurunan
titik beku larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan data
percobaan
dengan teliti
§ Mengamati kenaikan titik didih suatu zat cair akibat
penambahan zat terlarut melalui percobaan dengan teliti
§ Menghitung kenaikan titik didih larutan elektrolit dan
non elektrolit berdasarkan data percobaan dengan teliti
§ Menganalisis diagram PT untuk menafsirkan
penurunan tekanan uap, penurunan titik
beku dan kenaikan titik didih larutan dengan teliti dan penuh rasa ingin
tahu
§ Munggunakan
bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan pengertian osmosis dan tekanan osmosis serta
terapannya
§ Menghitung tekanan osmosis larutan elektrolit dan non
elektrolit
dengan teliti
|
§ Jenis tagihan
- tugas individu
- tugas kelompok
- kuis
- ulangan
§ Bentuk instrumen
-
performans (kinerja dan sikap)
- laporan
tertulis
- tes tertulis
§ Jenis tagihan
- tugas individu
- tugas kelompok
- kuis
- ulangan
§ Bentuk instrumen
-
performans (kinerja dan sikap)
- laporan
tertulis
- tes tertulis
|
8 jam
|
§ Sumber
-
Modul Kimia Kls XII
-
buku kimia 3 penerbit Erlangga
§ Bahan
- lembar kerja
-
bahan/alat
untuk
percobaan
|
1.2 Membandingkan
antara sifat koligatif larutan non elektrolit dengan sifat koligatif larutan
elektrolit yang konsentrasinya sama berdasarkan data percobaan
|
§ Perbedaan sifat
koligatif larutan elektrolit dan non elektrolit
|
§ Menganalisis data percobaan untuk membandingkan sifat
koligatif larutan elektrolit dan non elektrolit
melalui diskusi kelompok
|
§ Menyiapkan
alat dan bahan percobaan sesuai petunjuk pada LKS
§ Melakukan
percobaan untuk menguji salah satu sifat koligatif
§ Menganalisis data percobaan untuk membandingkan sifat
koligatif larutan elektrolit dan non elektrolit dengan teliti dan penuh rasa
ingin tahu
|
§ Jenis tagihan
- tugas individu
- tugas kelompok
- kuis
- ulangan
§ Bentuk instrumen
-
performans (kinerja dan sikap)
- laporan
tertulis
- tes tertulis
|
6 jam
|
§ Sumber
-
Modul Kimia Kls XII
§ 3 paket
-
buku kimia 3
-
penerbit
Erlangga
§ Bahan
- lembar kerja
|
\
SILABUS
Nama
Sekolah : SMA Negeri 4 Palopo
Mata
Pelajaran : KIMIA
Kelas/Semester : XII IPA / 1
Tahun
Pelajaran : 2011/2012
Standar
Kompetensi : 2.
Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia dalam teknologi dan
kehidupan sehari-hari
Alokasi Waktu : 26 jam ( 4 jam untuk UH)
Kompetensi dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajar
|
Indikator /Karakter
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
bahan/alat
|
2.1 Menerapkan
konsep reaksi oksidasi-reduksi dalam sistem elektrokimia yang melibatkan
energi listrik dan kegunaannya dalam mencegah korosi dan dalam industri
|
§ persamaan reaksi redoks
|
§ Menyetarakan persamaan reaksi redoks dengan cara
setengah reaksi (ion elektron) dan perubahan bilangan oksidasi (PBO)
melalui diskusi kelas
§ Berlatih menyetarakan reaksi redoks
|
§ Bersikap
kritis dalam menggali informasi untuk menyetarakan reaksi redoks dengan cara setengah reaksi
(ion elektron)
§ Bersikap
kritis dalam menggali informasi untuk menyetarakan reaksi redoks dengan cara perubahan
bilangan oksidasi (PBO)
|
§ Jenis tagihan
- tugas individu
- tugas kelompok
- ulangan
§ Bentuk instrumen
- performans
(kinerja
dan sikap)
- laporan
tertulis
- tes tertulis
|
6 jam
|
§ Sumber
-
Modul Kimia Kls XII
-
buku kimia 3
penerbit Erlangga
§ Bahan
- lembar kerja
|
|
§ sel Volta
§ aplikasi sel Volta dalam kehidupan
|
·
Merancang
dan melakukan percobaan sel volta dalam
kerja kelompok di laboratorium
·
Berlatih
menghitung harga E° sel
Melalui diskusi kelas menjelaskan prinsip sel Volta yang banyak digunakan dalam kehidupan
(baterai, aki dll)
|
§ Munggunakan
bahasa yang komunikatif untuk menyimpulkan ciri-ciri reaksi redoks yang berlangsung
secara spontan melalui percobaan
§ Bersikap
kritis dalam menggali informasi untuk menggambarkan susunan sel Volta atau sel Galvani dan
menjelaskan fungsi tiap bagiannya
§ Munggunakan
bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan bagaimana energi listrik dihasilkan dari
reaksi redoks dalam sel Volta
§ Bersikap
kritis dalam menggali informasi untuk menuliskan lambang sel dan reaksi-reaksi yang terjadi
pada sel Volta
§ Bersikap
kritis dalam menggali informasi untuk menghitung potensial sel berdasarkan data potensial
standar
§ Menghitung beda
potensial sel non standar dengan
teliti
§ Munggunakan
bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan prinsip kerja sel Volta yang banyak digunakan
dalam kehidupan (baterai, aki dll)
|
§ Jenis tagihan
- tugas individu
- tugas kelompok
- kuis
- ulangan
§ Bentuk instrumen
-
performans (kinerja dan sikap)
- laporan
tertulis
- tes tertulis
|
4 jam
|
§ Sumber
-
Modul Kimia Kls XII
-
buku kimia 3
penerbit Erlangga
§ Bahan
- lembar kerja
-
bahan/alat
untuk percobaan
|
2.2 Menjelaskan
reaksi oksidasi-reduksi dalam sel elektrolisis
|
§ reaksi elektrolisis
§ korosi
|
§ Merancang dan melakukan percobaan untuk mengamati reaksi yang terjadi di anoda dan katoda pada
reaksi elektrolisis melalui kerja kelompok di laboratorium
§ Merancang dan melakukan percobaan untuk
mengidentifikasi faktor-faktor yang
mempengaruhi terjadinya korosi melalui kerja kelompok di laboratorium
§ Menjelaskan beberapa cara untuk mencegah terjadinya
korosi melalui diskusi kelas
|
§ Mengamati reaksi yang terjadi di anoda dan katoda pada
reaksi elektrolisis melalui percobaan dengan teliti dan penuh rasa ingin
tahu
§ Menuliskan reaksi yang terjadi di anoda dan katoda pada
larutan atau cairan dengan elektroda aktif ataupun elektroda inert
§ Munggunakan
bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya
korosi melalui percobaan
§ Munggunakan
bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan beberapa cara untuk mencegah terjadinya korosi
|
§ Jenis tagihan
- tugas individu
- tugas kelompok
- ulangan
§ Bentuk instrumen
- performans (kinerja
dan sikap)
- laporan tertulis
- tes tertulis
|
10
jam
|
§ Sumber
-
Modul Kimia Kls XII
-
buku kimia 3
penerbit Erlangga
§ Bahan
- lembar kerja
- bahan/alat
untuk
percobaan
|
2.3 Menerapkan
hukum Faraday untuk elektrolisis larutan elektrolit
|
·
hukum Faraday
|
§ Menerapkan konsep hukum Faraday dalam perhitungan sel
elektrolisis melalui diskusi kelas
§ Menjelaskan aplikasi sel elektrolisis dalam proses
penyepuhan dan pemurnian logam di industri melalui diskusi kelas.
|
§ Bersikap
kritis dalam menggali informasi untuk menerapkan konsep hukum Faraday dalam perhitungan sel
elektrolisis
§ Bersikap
kritis dalam menggali informasi untuk menuliskan reaksi elektrolisis pada penyepuhan dan
pemurnian suatu logam
|
§ Jenis tagihan
- tugas individu
- tugas kelompok
- kuis
- ulangan
§
§ Bentuk instrumen
-
performans (kinerja dan sikap)
- laporan
tertulis
- tes tertulis
|
10 jam
|
§ Sumber
-
Modul Kimia Kls XII
-
buku kimia 3
penerbit Erlangga
§
§ Bahan
- lembar kerja
-
bahan/alat
untuk
percobaan
|
SILABUS
Nama
Sekolah : SMA Negeri 4
Palopo
Mata
Pelajaran : KIMIA
Kelas/Semester : XII IPA / 1
Tahun
Pelajaran : 2011/2012
Standar Kompetensi : 3. Memahami karakteristik
unsur-unsur penting, kegunaan dan bahayanya, serta terdapatnya di alam
Alokas
Waktu : 20 jam ( 2 jam untuk UH)
Kompetensi dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator/Karakter
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
bahan/alat
|
3.1
Mengidentifikasi kelimpahan unsur-unsur utama dan transisi di alam dan produk
yang mengandung unsur tersebut
|
·
Unsur-unsur
golongan utama dan transisi
|
§ Membuat daftar (tabel) keberadaan unsur-unsur dan produk yang mengandung unsur unsur gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah, aluminium,
karbon, silikon, belerang, krom, tembaga, seng, besi, oksigen dan nitrogen
secara individu di rumah dan dipresentasikan
(Pembahasan
lebih di tekankan pada unsur-unsur atau senyawanya yang nilai
terapnnya tinggi)
|
·
Mengajukan pemikiran kritis dalam diskusi untuk mengidentifikasi keberadaan unsur-unsur golongan
utama di alam (gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah, aluminium,
karbon, silikon, belerang)
·
Menggunakan bahasa yang komunikatif dalam
kelompok untuk menjelaskan produk-produk
yang mengandung unsur
golongan utama
·
Mengajukan pemikiran kritis dalam diskusi untuk mengidentifikasi keberadaan unsur-unsur golongan
transisi periode 4 di alam.
·
Menggunakan bahasa yang komunikatif dalam
kelompok untuk menjelaskan produk-produk
yang mengandung unsur
golongan transisi periode 4
|
§ Jenis tagihan
- tugas individu
- tugas kelompok
- kuis
- ulangan
§ Bentuk instrumen
-
performans (kinerja dan sikap)
- laporan
tertulis
- tes tertulis
|
4 jam
|
§ Sumber
-
- Modul Kimia Kls XII
- Internet
§ Bahan
- lembar kerja
- media
Elektronik
- LCD
- komputer
|
3.2.Mendeskripsikan
kecenderungan sifat fisik dan sifat kimia unsur utama dan unsur transisi
(titik didih, titik leleh, kekerasan, warna,
kelarutan, kereaktifan, dan sifat khusus lainnya)
|
·
Sifat-sifat fisik dan sifat-sifat kimia unsur
|
§ Melalui
diskusi kelas dan pengamatan mengidentifikasi sifat-sifat fisik dan sifat-sifat
kimia unsur utama dan unsur
transisi (titik didih, titik leleh, kekerasan, warna, kelarutan, kereaktifan, dan sifat khusus
lainnya)
§ Demonstrasi
reaksi logam Natrium dalam air (dilakukan oleh guru dengan hati-hati)
§ Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi daya pengoksidasi halogen dan daya pereduksi halida
dalam kerja kelompok di laboratorium
§ Menyimpulkan daya pengoksidasi halogen dan
daya pereduksi halida
§ Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi reaksi nyala senyawa logam (terutama
alkali dan alkali tanah) dalam kerja kelompok di laboratorium
§ Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi keteraturan sifat unsur-unsur periode
ke tiga dalam kerja kelompok di laboratorium
§ Menyimpulkan keteraturan sifat fisik dan sifat kimia
unsur periode ke tiga.
§ Mengkaji sifat-sifat fisik dan sifat-sifat
kimia unsur transisi periode keempat
§ Merancang dan melakukan percobaan untuk menyelidiki dan menghilangkan kesadahan air dalam
kerja kelompok di laboratorium
|
§ Bersikap kritis dalam menggali informasi untuk mengidentifikasi
sifat-sifat fisik unsur utama dan unsur transisi (titik didih, titik leleh,
kekerasan, warna, kelarutan, dan sifat
khusus lainnya)
§ Mengidentifikasi sifat-sifat kimia (kereaktifan,
kelarutan) melalui percobaan dengan teliti dan penuh rasa ingin tahu.
§ Mengidentifikasi daya pengoksidasi halogen dan daya
pereduksi halida melalui percobaan dengan teliti dan penuh rasa ingin
tahu
§ Bersikap
kritis dalam menggali informasi untuk menentukan daya pengoksidasi halogen dan daya pereduksi
halida dari persamaan reaksi
§ Bersikap
kritis dalam menggali informasi untuk mengidentifikasi reaksi nyala senyawa logam (terutama
alkali dan alkali tanah) melalui percobaan
§ Bersikap
kritis dalam menggali informasi untuk mengidentifikasi keteraturan sifat fisik dan sifat kimia
unsur-unsur periode ke tiga melalui percobaan
§ Bersikap
kritis dalam menggali informasi untuk mengidentifikasi
sifat-sifat fisik dan sifat-sifat kimia unsur-unsur periode keempat
§ Bersikap
kritis dalam menggali informasi untuk merumuskan dan
memberikan senyawa kompleks
§ Munggunakan
bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan cara menghilangkan kesadahan air melalui percobaan
|
§ Jenis tagihan
- tugas individu
- tugas kelompok
- kuis
- ulangan
§ Bentuk instrumen
-
performans (kinerja dan sikap)
- laporan
tertulis
- tes tertulis
§ Jenis tagihan
- tugas individu
- tugas kelompok
- kuis
- ulangan
§ Bentuk instrumen
-
performans (kinerja dan sikap)
- laporan
tertulis
- tes tertulis
§ Jenis tagihan
- tugas individu
- tugas kelompok
- kuis
- ulangan
§ Bentuk instrumen
-
performans (kinerja dan sikap)
- laporan
tertulis
- tes tertulis
|
8 jam
|
§ Sumber
-
- Modul Kimia Kls XII
§ Bahan
- lembar kerja
-
bahan/alat
untuk
percobaan
|
3.3.Menjelaskan
manfaat, dampak dan proses pembuatan unsur-unsur dan senyawanya dalam
kehidupan sehari-hari
3.4 Mendeskripsikan
unsur-unsur radioaktif dari segi sifat-sifat fisik dan sifat-sifat kimia,
kegunaan, dan bahayanya
|
§ Manfaat dan dampak unsur-unsur dalam kehidupan
sehari-hari dan industri
§ Manfaat dan dampak unsur Radioaktif dalam kehidupan
sehari-hari
|
§ Membuat daftar (tabel) tentang manfaat dan
dampak unsur unsur seperti gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah, aluminium,
karbon, silikon, belerang, krom, tembaga, seng, besi, oksigen dan nitrogen
secara individu di rumah dan dipresentasikan
§ Menjelaskan pembuatan unsur dan senyawa di laboratorium
dan industri (misalnya H2SO4, N2, Fe, Al, NH3 dan O2) melalui diskusi kelas
§ Menganalisis dan menentukan komposisi unsur
dalam pupuk melalui diskusi kelas
§ Mangali
informasi dengan mengunakan modul dan buku referensi lainnya tentang
pengertian unsur radioaktif secara berkelompok.
§ Mendiskuksikan
dengan sesame teman kelompok tentang sifat-sifat unsur radioaktif beserta
persamaan reaksinya.
§ Menjelaskan manfaat dan dampak unsur-unsur radioaktif dalam kehidupan sehari-hari dan industri
|
§ Munggunakan
bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan manfaat dan dampak unsur-unsur (seperti gas
mulia, halogen, alkali, alkali tanah, aluminium, karbon, silikon, belerang,
krom, tembaga, seng, besi, oksigen dan nitrogen) serta senyawanya dalam kehidupan
sehari-hari dan industri.
§ Munggunakan
bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan pembuatan unsur dan senyawanya di
laboratorium dan industri (misalnya H2SO4, N2,
Fe, Al, NH3 dan O2)
§ Bersikap
kritis dalam menggali informasi untuk menentukan komposisi unsur dalam pupuk
§ Menjelaskan
pengertian unsur radioaktif dengan menggunakan bahasa yang komunikatif
§ Mengidentifikasi
unsur-unsur yang termasuk radioaktif memalalui curah pendapat dalam diskusi
kelompok
§ Mengemukakan
sifat-sifat unsur radioaktif secara kritis.
§ Menjabarkan reaksi yang dialami oleh unsur radioaktif
dalam bentuk persamaan reaksi.
§ Munggunakan
bahasa yang komunikatif untuk menyebutkan
manfaat unsur-unsur radioaktif dalam kehidupan sehari-hari dan industri
§ Munggunakan
bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan dampak unsur-unsur radioaktif dalam kehidupan sehari-hari dan industri
|
§ Jenis tagihan
- tugas individu
- tugas kelompok
- kuis
- ulangan
§ Bentuk instrumen
-
performans (kinerja dan sikap)
- laporan
tertulis
- tes tertulis
|
4 jam
4 jam
|
§ Sumber
-
- Modul Kimia Kls XII
- Internet
§ Bahan
- lembar kerja
- brosur
- media
Elektronik
- LCD
- komputer
|
Mengetahui, Palopo, Agustus 2011
Kepala
SMA Negeri 4 Palopo, Guru
Mata Pelajaran,
Drs.
Muhammad Yusuf, M.Pd. Yusuf
Sehe, S.Pd, M.Pd.
NIP. 19590908 108503 1 017 NIP. 19700825 199601 1 001
SILABUS
Nama Sekolah : SMA Negeri 4 Palopo
Mata
Pelajaran : KIMIA
Kelas/Semester : XII IPA / 2
Tahun
Pelajaran : 2011/2012
Standar
Kompetensi : 4. Memahami senyawa
organik dan reaksinya, benzena dan turunannya, dan makromolekul.
Alokasi
Waktu : 40 (6 jam
untuk UH)
Kompetensi dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator /
Karakter
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
bahan/alat
|
4.1.
Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, kegunaan, dan
identifikasi senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal,
alkanon, alkanoat, dan alkil alkanoat)
|
§ struktur dan tata nama senyawa karbon
§ isomer
§ Sifat-sifat fisis dan sifat-sifat kimia senyawa karbon
§ reaksi senyawa karbon
§ kegunaan senyawa karbon
|
§ Melakukan percobaan identifikasi untuk
mengidentifikasi gugus fungsi.
§ Membedakan gugus fungsi dan memberi nama
senyawa karbon melalui diskusi.
§ Latihan memberi nama dari berbagai jenis
senyawa.
§ Membahas jenis-jenis isomer senyawa karbon melalui diskusi.
§ Latihan menentukan terjadinya isomer dan
memberikan nama senyawa yang terbentuk.
§ Menganalisis data
titik didih dan titik leleh senyawa karbon untuk menjelaskan sifat-sifat fisik melalui
diskusi.
§ Mengkaji
reaksi senyawa karbon dalam diskusi kelas
§ Mencari informasi dari literatur dan media
farmasi tentang kegunaan senyawa karbon secara individu.
|
§ Bersikap
kritis dalam menggali informasi untuk mengidentifikasi gugus fungsi senyawa karbon.
§ Bersikap
kritis dalam menggali informasi untuk menuliskan struktur dan nama senyawa karbon berdasarkan
gugus fungsinya.
§ Bersikap
kritis dalam menggali informasi untuk menentukan
isomer-isomer senyawa karbon.
§ Mengunakan
bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan
sifat-sifat fisik senyawa karbon.
§ Munggunakan
bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan reaksi
identifikasi gugus fungsi senyawa karbon
§ Bersikap
kritis dalam menggali informasi untuk menuliskan reaksi senyawa karbon
-
reaksi
oksidasi
-
reaksi reduksi
-
reaksi
adisi
-
reaksi
substitusi
-
reaksi
eliminasi
§ Munggunakan
bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan kegunaan senyawa karbon
|
§ Jenis tagihan
- tugas individu
- tugas kelompok
- responsi
- kuis
- ulangan
§ Bentuk instrumen
-
performans
(kinerja dan sikap)
- laporan
tertulis
- tes tertulis
|
16 jam
|
§ Sumber
-
- Modul Kimia Kls XII
dan kimia 3
erlangga
- Internet
- molymood
§ Bahan
- lembar kerja
- Bahan/alat
-
untuk
percobaan
- LCD
- komputer
|
4.2 Mendeskripsikan
struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, dan kegunaan benzena dan
turunannya.
|
§ Struktur dan tata nama benzena dan turunannya
§ reaksi benzena
§ sifat fisik dan sifat kimia benzena dan turunannya
§ kegunaan dan bahaya benzena dan turunannya.
|
·
Menentukan
struktur dan nama senyawa benzena dan turunannya melalui diskusi.
§ Membahas reaksi substitusi atom H pada cincin benzena.
§ Mendiskusikan pengertian ortho, meta dan para.
§ Mendeskripsikan sifat fisik dan sifat kimia benzena dan
turunannya melalui diskusi.
·
Melalui
diskusi kelas mendeskripsikan kegunaan dan bahaya senyawa benzena dan
turunannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
§ Menuliskan struktur dan nama senyawa benzena dan
turunannya.
§ Munggunakan
bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan reaksi substitusi atom H pada cincin benzena
§ Munggunakan
bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan pengertian ortho, meta dan para.
§ Munggunakan
bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan sifat fisik dan sifat kimia
benzena dan turunannya
Munggunakan
bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan kegunaan dan bahaya senyawa benzena dan turunannya
dalam kehidupan sehari-hari seperti fenol, anilin, butil hidroksi toluen
(BHT), butil hidroksi anisol (BHA), TNT, aspirin, dan zat warna (azo) dan
lain-lain
|
§ Jenis tagihan
- tugas individu
- kuis
- ulangan
§ Bentuk instrumen
- laporan
tertulis
- tes tertulis
|
6 jam
|
§ Sumber
-
- Modul Kimia Kls XII
dan kimia 3
Erlangga
- Internet
- molymood
§ Bahan
- lembar kerja
- LCD
- komputer
|
4.3
.Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat dan kegunaan
makromolekul (polimer, karbohidrat, dan protein)
|
§ polimer
§ Karbohidrat
§ Protein
|
·
Mengamati
dan menganalisis untuk mengidentifikasi jenis dan sifat polimer sisntetik dan
polimer alam dalam kerja kelompok
·
Menentukan
reaksi polimer berdasarkan asal dan jenis monomer pembentuknya (kopolimer dan
homopolimer, polimer adisi dan polimer
kondensasi) melalui diskusi.
§ Menentukan golongan monosakharida menjadi aldosa dan ketosa dalam diskusi kelas
§ Menjelaskan reaksi hidrolisis disakharida dan
polisakharida dengan bantuan enzim dalam diskusi.
·
Menentukan
rumus struktur asam amino essensial dan gugus peptida pada protein melalui
diskusi kelas
|
§ Mengidentifikasi polimer alam dan polimer sintetik
(karet, karbohidrat, protein, plastik)
§ Munggunakan
bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan sifat fisik dan sifat kimia polimer
§ Menuliskan reaksi pembentukan polimer (adisi dan
kondensasi) dari monomernya
§ Munggunakan
bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan kegunaan polimer dan mewaspadai
dampaknya terhadap lingkungan
§ Bersikap
kritis dalam menggali informasi untuk menggolongkan monosakharida menjadi aldosa dan ketosa.
§ Munggunakan
bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan reaksi hidrolisis disakharida dan
polisakharida dengan bantuan enzim.
§ Bersikap
kritis dalam menggali informasi untuk mengidentifikasi karbohidrat dengan reagen
§ Bersikap
kritis dalam menggali informasi untuk menuliskan rumus struktur asam amino esensial.
§ Menentukan gugus peptida pada protein.
|
§ Jenis tagihan
- tugas individu
- tugas kelompok
- responsi
- kuis
- ulangan
§ Bentuk instrumen
- performans
(kinerja
dan sikap)
- laporan
tertulis
- tes tertulis
§ Jenis tagihan
- tugas individu
- tugas kelompok
- kuis
- ulangan
§ Bentuk instrumen
-
performans (kinerja dan sikap)
- laporan
tertulis
- tes tertulis
|
6 jam
|
§ Sumber
-
Modul Kimia Kls XII
dan kimia 3
erlangga
- Internet
- molymood
§ Bahan
- lembar kerja
- Bahan/alat
-
untuk
percobaan
- LCD
- komputer
|
4.4.
Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak
|
§ Rumus struktur dan nama lemak
§
§ Penggolongan lemak dan minyak
§ Sifat fisik dan sifat kimia lemak dan minyak
§ Fungsi dan peran lemak dan minyak
|
·
Mendeskripsikan
struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak melalui diskusi.
|
§ Bersikap
kritis dalam menggali informasi untuk menuliskan rumus struktur dan nama lemak dan minyak
§ Bersikap
kritis dalam menggali informasi untuk menggolongkan lemak berdasarkan kejenuhan ikatannya
§ Mengamati dan menguraikan sifat fisik dan sifat kimia
lemak dan minyak
dengan telitii
§ Munggunakan
bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan fungsi dan peran lemak dan minyak
dalam kehidupan
|
§ Jenis tagihan
- tugas individu
- tugas kelompok
- kuis
- ulangan
§ Bentuk instrumen
-
performans (kinerja dan sikap)
- laporan
tertulis
- tes tertulis
|
6 jam
|
§ Sumber
-
- Modul Kimia Kls XII
dan kimia 3
erlangga
- Internet
§ Bahan
- lembar kerja
- LCD
- komputer
|
Palopo, Agustus 2011
Kepala
SMA Negeri 4 Palopo, Guru
Mata Pelajaran,
Drs.
Muhammad Yusuf, M.Pd. Yusuf
Sehe, S.Pd, M.Pd.
NIP. 19590908 108503 1 017 NIP. 19700825 199601 1 001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar