Rabu, 06 Juni 2012

SILABUS KIMIA KELAS XII


SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA Negeri 4 Palopo
Mata Pelajaran                    : KIMIA
Kelas/Semester                   : XII IPA / 1
Tahun Pelajaran                 : 2011/2012
Standar Kompetensi          :  1. Menjelaskan sifat- sifat koligatif larutan non-elektrolit dan elektrolit.
Alokasi Waktu                      :  20 jam ( 2 jam untuk UH)
Kompetensi dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator/Karakter
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
bahan/alat
1.1 Menjelaskan penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku larutan, dan tekanan osmosis termasuk sifat koligatif larutan

§ konsentrasi larutan
§ pengertian sifat koligatif larutan non elektrolit (hukum Raoulth) dan larutan elektrolit

§ tekanan uap jenuh larutan





§ Menghitung konsentrasi suatu larutan (kemolalan, kemolaran dan fraksi mol) dan menghubungkannya dengan sifat koligKatif larutan melalui diskusi kelas


§ Menjelaskan pengaruh zat terlarut yang sukar menguap terhadap tekanan uap pelarut dan menghitung tekanan uap larutan berdasarkan data percobaan melalui diskusi kelas


§ Menghitung konsentrasi suatu larutan (kemolalan dan fraksi mol) dengan teliti
§  Munggunakan bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan pengertian sifat koligatif larutan non elektrolit (hukum Raoulth) dan larutan elektrolit


§ Munggunakan bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan pengaruh zat terlarut yang sukar menguap terhadap tekanan uap pelarut
§ Menghitung tekanan uap larutan berdasarkan data percobaan dengan teliti


§ Jenis tagihan
-  tugas individu
-  kuis
-  tugas kelompok
-  ulangan
§ Bentuk instrumen
-    performans (kinerja dan sikap)
-    laporan tertulis
-    tes tertulis

6   jam
§ Sumber
-    Modul Kimia Kls XII
-    buku kimia 3 penerbit Erlangga
§ Bahan
-  lembar kerja



§ Titik beku dan titik didih larutan elektrolit dan non elektrolit










§ diagram PT





§ Tekanan osmosis larutan elektrolit dan non elektrolit

·         Merancang dan melakukan percobaan untuk menentukan titik beku dan titik didih larutan elektrolit dan non elektrolit dalam kerja kelompok di laboratorium
·         Menyimpulkan pengaruh zat terlarut terhadap penurunan titik beku dan kenaikan titik didih larutan.
·         Berlatih menghitung D Tf dan DTb larutan


·         Menganalisis diagram PT  untuk menafsirkan penurunan  tekanan uap, penurunan titik beku dan kenaikan titik didih larutan melalui diskusi kelas

§ Menjelaskan pengertian osmosis , tekanan osmosis dan menghitung tekanan osmosis larutan elektrolit dan non elektrolit  serta terapannya melalui diskusi kelas

§ Mengamati penurunan titik beku suatu zat cair akibat penambahan zat terlarut melalui percobaan dengan teliti
§ Menghitung penurunan  titik beku larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan data percobaan dengan teliti
§ Mengamati kenaikan titik didih suatu zat cair akibat penambahan zat terlarut melalui percobaan dengan teliti
§ Menghitung kenaikan titik didih larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan data percobaan dengan teliti

§ Menganalisis diagram PT untuk menafsirkan penurunan  tekanan uap, penurunan titik beku dan kenaikan titik didih larutan dengan teliti dan penuh rasa ingin tahu


§ Munggunakan bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan pengertian osmosis dan tekanan osmosis serta terapannya

§ Menghitung tekanan osmosis larutan elektrolit dan non elektrolit dengan teliti
§ Jenis tagihan
-  tugas individu
-  tugas kelompok
-  kuis
-  ulangan
§ Bentuk instrumen
- performans (kinerja dan sikap)
-  laporan tertulis
-  tes tertulis



§ Jenis tagihan
-  tugas individu
-  tugas kelompok
-  kuis
-  ulangan
§ Bentuk instrumen
- performans (kinerja dan sikap)
-  laporan tertulis
-  tes tertulis


8 jam
§ Sumber
-    Modul Kimia Kls XII
-     buku kimia 3 penerbit Erlangga
§ Bahan
-  lembar kerja
-  bahan/alat 
   untuk
    percobaan
1.2 Membandingkan antara sifat koligatif larutan non elektrolit dengan sifat koligatif larutan elektrolit yang konsentrasinya sama berdasarkan data percobaan
§ Perbedaan sifat  koligatif larutan elektrolit dan non elektrolit
§ Menganalisis data percobaan untuk membandingkan sifat koligatif larutan elektrolit dan non elektrolit melalui diskusi kelompok 
§ Menyiapkan alat dan bahan percobaan sesuai petunjuk pada LKS
§ Melakukan percobaan untuk menguji salah satu sifat koligatif
§ Menganalisis data percobaan untuk membandingkan sifat koligatif larutan elektrolit dan non elektrolit dengan teliti dan penuh rasa ingin tahu
§ Jenis tagihan
-  tugas individu
-  tugas kelompok
-  kuis
-  ulangan
§ Bentuk instrumen
- performans (kinerja dan sikap)
-  laporan tertulis
-  tes tertulis
6 jam

§ Sumber
-    Modul Kimia Kls XII
§    3 paket
-    buku kimia 3
-    penerbit Erlangga
§ Bahan
-  lembar kerja






\










SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA Negeri 4 Palopo
Mata Pelajaran                    : KIMIA
Kelas/Semester                   : XII IPA / 1
Tahun Pelajaran                 : 2011/2012
Standar Kompetensi           :  2. Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari
Alokasi Waktu               :  26 jam ( 4 jam untuk UH)
Kompetensi dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajar
Indikator /Karakter
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
bahan/alat
2.1 Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dalam sistem elektrokimia yang melibatkan energi listrik dan kegunaannya dalam mencegah korosi dan dalam industri
§ persamaan reaksi redoks

§ Menyetarakan persamaan reaksi redoks dengan cara setengah reaksi (ion elektron) dan perubahan bilangan oksidasi  (PBO)
   melalui diskusi kelas
§ Berlatih menyetarakan reaksi redoks


§ Bersikap kritis dalam menggali informasi untuk menyetarakan reaksi redoks dengan cara setengah reaksi (ion elektron)

§ Bersikap kritis dalam menggali informasi untuk menyetarakan reaksi redoks dengan cara perubahan bilangan oksidasi (PBO)



§ Jenis tagihan
-  tugas individu
-  tugas kelompok
-  ulangan
§ Bentuk instrumen
-  performans (kinerja
    dan sikap)
-   laporan tertulis
-   tes tertulis
6 jam
§ Sumber
-    Modul Kimia Kls XII
-    buku kimia 3 penerbit Erlangga
§ Bahan
-  lembar kerja


§ sel Volta














§ aplikasi sel Volta dalam kehidupan

·         Merancang dan melakukan percobaan  sel volta  dalam  kerja kelompok di laboratorium
·         Berlatih menghitung harga E° sel










Melalui diskusi kelas menjelaskan prinsip sel Volta yang banyak digunakan dalam kehidupan (baterai, aki dll)
§ Munggunakan bahasa yang komunikatif untuk menyimpulkan ciri-ciri reaksi redoks yang berlangsung secara spontan melalui percobaan
§ Bersikap kritis dalam menggali informasi untuk menggambarkan susunan sel Volta atau sel Galvani dan menjelaskan fungsi tiap bagiannya
§ Munggunakan bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan bagaimana energi listrik dihasilkan dari reaksi redoks dalam sel Volta
§ Bersikap kritis dalam menggali informasi untuk menuliskan lambang sel dan reaksi-reaksi yang terjadi pada sel Volta
§ Bersikap kritis dalam menggali informasi untuk menghitung potensial sel berdasarkan data potensial standar
§ Menghitung beda potensial sel non standar dengan teliti
§  Munggunakan bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan prinsip kerja sel Volta yang  banyak digunakan dalam kehidupan      (baterai, aki dll)

§ Jenis tagihan
-  tugas individu
-  tugas kelompok
-  kuis
-  ulangan
§ Bentuk instrumen
- performans (kinerja dan sikap)
-  laporan tertulis
-  tes tertulis
4  jam
§ Sumber
-    Modul Kimia Kls XII
-    buku kimia 3 penerbit Erlangga
§ Bahan
-  lembar kerja
-  bahan/alat 
   untuk    percobaan
2.2 Menjelaskan reaksi oksidasi-reduksi dalam sel elektrolisis


§ reaksi elektrolisis







§ korosi


§ Merancang dan melakukan percobaan untuk mengamati reaksi yang terjadi di anoda dan katoda pada reaksi elektrolisis melalui kerja kelompok di laboratorium



§ Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korosi melalui kerja kelompok di laboratorium

§ Menjelaskan beberapa cara untuk mencegah terjadinya korosi melalui diskusi kelas


§ Mengamati reaksi yang terjadi di anoda dan katoda pada reaksi elektrolisis melalui percobaan dengan teliti dan penuh rasa ingin tahu
§ Menuliskan reaksi yang terjadi di anoda dan katoda pada larutan atau cairan dengan elektroda aktif ataupun elektroda inert

§ Munggunakan bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korosi melalui percobaan



§ Munggunakan bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan beberapa cara untuk mencegah  terjadinya korosi

§ Jenis tagihan
-  tugas individu
-  tugas kelompok
-  ulangan
§ Bentuk instrumen
-  performans (kinerja
    dan sikap)
-   laporan tertulis
-   tes tertulis


10 jam
§ Sumber
-    Modul Kimia Kls XII
-    buku kimia 3 penerbit Erlangga
§ Bahan
-  lembar kerja
-  bahan/alat 
   untuk
    percobaan
2.3 Menerapkan hukum Faraday untuk elektrolisis larutan elektrolit
·          hukum Faraday

§ Menerapkan konsep hukum Faraday dalam perhitungan sel elektrolisis melalui diskusi kelas
§  Menjelaskan aplikasi sel elektrolisis dalam proses penyepuhan dan pemurnian logam di industri melalui diskusi kelas.

§ Bersikap kritis dalam menggali informasi untuk menerapkan konsep hukum Faraday dalam perhitungan sel elektrolisis



§ Bersikap kritis dalam menggali informasi untuk menuliskan reaksi elektrolisis pada penyepuhan dan pemurnian suatu logam


§ Jenis tagihan
-  tugas individu
-  tugas kelompok
-  kuis
-  ulangan
§  

§ Bentuk instrumen
- performans (kinerja dan sikap)
-  laporan tertulis
-  tes tertulis
10 jam
§ Sumber
-    Modul Kimia Kls XII
-    buku kimia 3 penerbit Erlangga
§  

§ Bahan
-  lembar kerja
-  bahan/alat 
   untuk
    percobaan





SILABUS
Nama Sekolah                     : SMA  Negeri 4 Palopo
Mata Pelajaran                    : KIMIA
Kelas/Semester                   : XII IPA / 1
Tahun Pelajaran                 : 2011/2012
 Standar Kompetensi         : 3. Memahami karakteristik unsur-unsur penting, kegunaan dan bahayanya, serta terdapatnya di alam
Alokas Waktu                       : 20 jam ( 2  jam untuk  UH)
Kompetensi dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator/Karakter
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
bahan/alat
3.1 Mengidentifikasi kelimpahan unsur-unsur utama dan transisi di alam dan produk yang mengandung unsur tersebut

·         Unsur-unsur golongan utama dan transisi
§ Membuat daftar (tabel) keberadaan unsur-unsur dan produk yang mengandung unsur unsur gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah, aluminium, karbon, silikon, belerang, krom, tembaga, seng, besi, oksigen dan nitrogen secara individu di rumah dan dipresentasikan
(Pembahasan lebih di tekankan pada unsur-unsur atau senyawanya yang nilai terapnnya tinggi)


·         Mengajukan pemikiran kritis dalam diskusi  untuk mengidentifikasi keberadaan unsur-unsur golongan utama di alam (gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah, aluminium, karbon, silikon, belerang)
·         Menggunakan bahasa yang komunikatif dalam kelompok untuk menjelaskan produk-produk yang mengandung unsur golongan utama
·         Mengajukan pemikiran kritis dalam diskusi  untuk mengidentifikasi keberadaan unsur-unsur golongan transisi periode 4 di alam.
·         Menggunakan bahasa yang komunikatif dalam kelompok untuk menjelaskan produk-produk yang mengandung unsur golongan transisi periode 4
§ Jenis tagihan
-  tugas individu
-  tugas kelompok
-  kuis
-  ulangan
§ Bentuk instrumen
- performans (kinerja dan sikap)
-  laporan tertulis
-  tes tertulis
4  jam
§ Sumber
-    -  Modul Kimia Kls XII

-  Internet
§ Bahan
-  lembar kerja
-  media
    Elektronik
-  LCD
 -  komputer

3.2.Mendeskripsikan kecenderungan sifat fisik dan sifat kimia unsur utama dan unsur transisi (titik didih, titik leleh, kekerasan, warna,  kelarutan, kereaktifan, dan sifat khusus lainnya)


·         Sifat-sifat  fisik dan sifat-sifat kimia unsur
§ Melalui diskusi kelas dan pengamatan mengidentifikasi sifat-sifat fisik dan sifat-sifat kimia  unsur  utama dan unsur transisi (titik didih, titik leleh, kekerasan, warna,  kelarutan, kereaktifan, dan sifat khusus lainnya)
§ Demonstrasi reaksi logam Natrium dalam air (dilakukan oleh guru dengan hati-hati)
§  Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi daya pengoksidasi halogen dan daya pereduksi halida dalam kerja kelompok di laboratorium

§ Menyimpulkan daya pengoksidasi halogen dan daya pereduksi halida

§ Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi reaksi nyala senyawa logam (terutama alkali dan alkali tanah) dalam kerja kelompok di laboratorium

§ Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi keteraturan sifat unsur-unsur periode ke tiga dalam kerja kelompok di laboratorium

§ Menyimpulkan keteraturan sifat fisik dan sifat kimia unsur periode ke tiga.

§ Mengkaji sifat-sifat fisik dan sifat-sifat kimia unsur transisi periode keempat

§ Merancang dan melakukan percobaan untuk menyelidiki dan menghilangkan kesadahan air dalam kerja kelompok di laboratorium

§ Bersikap kritis dalam menggali informasi untuk mengidentifikasi sifat-sifat fisik unsur  utama dan unsur transisi (titik didih, titik leleh, kekerasan, warna,  kelarutan, dan sifat khusus lainnya)

§ Mengidentifikasi sifat-sifat kimia (kereaktifan, kelarutan) melalui percobaan dengan teliti dan penuh rasa ingin tahu.

§ Mengidentifikasi daya pengoksidasi halogen dan daya pereduksi halida melalui percobaan dengan teliti dan penuh rasa ingin tahu

§ Bersikap kritis dalam menggali informasi untuk menentukan daya pengoksidasi halogen dan daya pereduksi halida dari persamaan reaksi

§ Bersikap kritis dalam menggali informasi untuk mengidentifikasi reaksi nyala senyawa logam (terutama alkali dan alkali tanah) melalui percobaan

§ Bersikap kritis dalam menggali informasi untuk mengidentifikasi keteraturan sifat fisik dan sifat kimia unsur-unsur periode ke tiga melalui percobaan

§ Bersikap kritis dalam menggali informasi untuk mengidentifikasi sifat-sifat fisik dan sifat-sifat kimia unsur-unsur periode keempat

§ Bersikap kritis dalam menggali informasi untuk merumuskan dan memberikan senyawa kompleks

§ Munggunakan bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan cara menghilangkan  kesadahan air melalui percobaan


§ Jenis tagihan
-  tugas individu
-  tugas kelompok
-  kuis
-  ulangan
§ Bentuk instrumen
- performans (kinerja dan sikap)
-  laporan tertulis
-  tes tertulis





§ Jenis tagihan
-  tugas individu
-  tugas kelompok
-  kuis
-  ulangan
§ Bentuk instrumen
- performans (kinerja dan sikap)
-  laporan tertulis
-  tes tertulis




§ Jenis tagihan
-  tugas individu
-  tugas kelompok
-  kuis
-  ulangan
§ Bentuk instrumen
- performans (kinerja dan sikap)
-  laporan tertulis
-  tes tertulis
8  jam
§ Sumber
-    -  Modul Kimia Kls XII

§ Bahan
-  lembar kerja
-  bahan/alat 
   untuk
    percobaan
3.3.Menjelaskan manfaat, dampak dan proses pembuatan unsur-unsur dan senyawanya dalam kehidupan sehari-hari




















3.4 Mendeskripsikan unsur-unsur radioaktif dari segi sifat-sifat fisik dan sifat-sifat kimia, kegunaan, dan bahayanya
§ Manfaat dan dampak unsur-unsur dalam kehidupan sehari-hari dan industri




































§ Manfaat dan dampak unsur Radioaktif dalam kehidupan sehari-hari

§ Membuat daftar (tabel) tentang manfaat dan dampak unsur unsur seperti  gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah, aluminium, karbon, silikon, belerang, krom, tembaga, seng, besi, oksigen dan nitrogen secara individu di rumah dan dipresentasikan

§ Menjelaskan pembuatan unsur dan senyawa di laboratorium dan industri (misalnya H2SO4, N2, Fe,  Al, NH3 dan O2) melalui diskusi kelas


§ Menganalisis dan menentukan komposisi unsur dalam pupuk melalui diskusi kelas






















§ Mangali informasi dengan mengunakan modul dan buku referensi lainnya tentang pengertian unsur radioaktif secara berkelompok.
§ Mendiskuksikan dengan sesame teman kelompok tentang sifat-sifat unsur radioaktif beserta persamaan reaksinya.
§ Menjelaskan manfaat dan dampak unsur-unsur  radioaktif dalam kehidupan sehari-hari dan industri

§ Munggunakan bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan manfaat dan dampak unsur-unsur (seperti gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah, aluminium, karbon, silikon, belerang, krom, tembaga, seng, besi, oksigen dan nitrogen)  serta senyawanya dalam kehidupan sehari-hari dan industri.


§ Munggunakan bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan pembuatan unsur dan senyawanya di laboratorium dan industri (misalnya H2SO4, N2, Fe,  Al, NH3 dan O2)

§ Bersikap kritis dalam menggali informasi untuk menentukan komposisi unsur dalam pupuk






















§ Menjelaskan pengertian unsur radioaktif dengan menggunakan bahasa yang komunikatif
§ Mengidentifikasi unsur-unsur yang termasuk radioaktif memalalui curah pendapat dalam diskusi kelompok
§ Mengemukakan sifat-sifat unsur radioaktif secara kritis.
§ Menjabarkan  reaksi yang dialami oleh unsur radioaktif dalam bentuk persamaan reaksi.
§ Munggunakan bahasa yang komunikatif untuk menyebutkan manfaat unsur-unsur  radioaktif dalam kehidupan sehari-hari dan industri
§ Munggunakan bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan dampak unsur-unsur  radioaktif dalam kehidupan sehari-hari dan industri
§ Jenis tagihan
-  tugas individu
-  tugas kelompok
-  kuis
-  ulangan
§ Bentuk instrumen
- performans (kinerja dan sikap)
-  laporan tertulis
-  tes tertulis
4 jam







































4 jam
§ Sumber
-    -  Modul Kimia Kls XII

-  Internet
§ Bahan
-  lembar kerja
-  brosur
-  media
    Elektronik
-  LCD
 -  komputer

Mengetahui,                                                                            Palopo,    Agustus  2011
                                                Kepala SMA Negeri 4 Palopo,                                               Guru Mata Pelajaran,



                                                Drs. Muhammad Yusuf, M.Pd.                                              Yusuf Sehe, S.Pd, M.Pd.
NIP. 19590908 108503 1 017                                NIP. 19700825 199601 1 001


SILABUS
Nama Sekolah                     : SMA Negeri 4 Palopo
Mata Pelajaran                    : KIMIA
Kelas/Semester                   : XII IPA / 2
Tahun Pelajaran                 : 2011/2012
Standar Kompetensi          : 4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan turunannya, dan makromolekul.
Alokasi Waktu                      : 40 (6 jam untuk UH)
Kompetensi dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator / Karakter
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
bahan/alat
4.1. Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, alkanoat, dan alkil alkanoat)

§ struktur dan tata nama senyawa karbon






§ isomer





§ Sifat-sifat fisis dan sifat-sifat kimia senyawa karbon


§ reaksi senyawa karbon


§ kegunaan senyawa karbon
§ Melakukan percobaan identifikasi untuk mengidentifikasi gugus fungsi.
§ Membedakan gugus fungsi dan memberi nama senyawa karbon melalui diskusi.
§ Latihan memberi nama dari berbagai jenis senyawa.

§ Membahas jenis-jenis isomer senyawa karbon melalui diskusi.
§ Latihan menentukan terjadinya isomer dan memberikan nama senyawa yang terbentuk.

§ Menganalisis data  titik didih dan titik leleh senyawa karbon  untuk menjelaskan sifat-sifat fisik melalui diskusi.

§ Mengkaji  reaksi senyawa karbon dalam diskusi kelas

§ Mencari informasi dari literatur dan media farmasi tentang kegunaan senyawa karbon secara individu.




§ Bersikap kritis dalam menggali informasi untuk mengidentifikasi gugus fungsi senyawa karbon.
§ Bersikap kritis dalam menggali informasi untuk menuliskan struktur dan nama senyawa karbon berdasarkan gugus fungsinya.

§ Bersikap kritis dalam menggali informasi untuk menentukan isomer-isomer senyawa karbon.

§ Mengunakan bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan sifat-sifat  fisik senyawa karbon.
§ Munggunakan bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa karbon

§ Bersikap kritis dalam menggali informasi untuk menuliskan reaksi senyawa karbon
-    reaksi oksidasi
-    reaksi reduksi
-    reaksi adisi
-    reaksi substitusi
-    reaksi eliminasi

§ Munggunakan bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan kegunaan senyawa karbon
§ Jenis tagihan
-  tugas individu
-  tugas kelompok
-  responsi
-  kuis
-  ulangan
§  Bentuk instrumen
-     performans
    (kinerja  dan sikap)
-   laporan tertulis
-   tes tertulis

16 jam
§ Sumber
-    -  Modul Kimia Kls XII
 dan kimia 3 erlangga
-  Internet
-   molymood

§ Bahan
-  lembar kerja
-  Bahan/alat
-  untuk
   percobaan
 -  LCD
 -  komputer
4.2 Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, dan kegunaan benzena dan turunannya.

§ Struktur dan tata nama benzena dan turunannya

§ reaksi benzena




§ sifat fisik dan sifat kimia benzena dan turunannya

§ kegunaan dan bahaya benzena dan turunannya.
·         Menentukan struktur dan nama senyawa benzena dan turunannya melalui diskusi.

§ Membahas reaksi substitusi atom H pada cincin benzena.
§ Mendiskusikan pengertian ortho, meta dan para.

§ Mendeskripsikan sifat fisik dan sifat kimia benzena dan turunannya melalui diskusi.

·         Melalui diskusi kelas mendeskripsikan kegunaan dan bahaya senyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari. 
§ Menuliskan struktur dan nama senyawa benzena dan turunannya.


§ Munggunakan bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan reaksi substitusi atom H pada cincin benzena
§ Munggunakan bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan pengertian ortho, meta dan para.

§ Munggunakan bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan  sifat fisik dan sifat kimia benzena dan turunannya


Munggunakan bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan kegunaan dan bahaya senyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari seperti fenol, anilin, butil hidroksi toluen (BHT), butil hidroksi anisol (BHA), TNT, aspirin, dan zat warna (azo) dan lain-lain 
§ Jenis tagihan
-  tugas individu
-  kuis
-  ulangan
§  Bentuk instrumen
-   laporan tertulis
-   tes tertulis

6 jam
§ Sumber
-    -  Modul Kimia Kls XII
 dan kimia 3 Erlangga
-  Internet
-   molymood

§ Bahan
-  lembar kerja
 -  LCD
 -  komputer
4.3 .Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan protein)

§ polimer

















§ Karbohidrat









§ Protein
·         Mengamati dan menganalisis untuk mengidentifikasi jenis dan sifat polimer sisntetik dan polimer alam dalam kerja kelompok 
·         Menentukan reaksi polimer berdasarkan asal dan jenis monomer pembentuknya (kopolimer dan homopolimer,  polimer adisi dan polimer kondensasi) melalui diskusi.








§  Menentukan golongan monosakharida menjadi aldosa dan ketosa dalam diskusi kelas
§ Menjelaskan reaksi hidrolisis disakharida dan polisakharida dengan bantuan enzim dalam diskusi.



·         Menentukan rumus struktur asam amino essensial dan gugus peptida pada protein melalui diskusi kelas
§ Mengidentifikasi polimer alam dan polimer sintetik (karet, karbohidrat, protein, plastik)
§ Munggunakan bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan sifat fisik dan sifat kimia polimer
§ Menuliskan reaksi pembentukan polimer (adisi dan kondensasi) dari monomernya
§ Munggunakan bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan  kegunaan polimer dan mewaspadai dampaknya terhadap lingkungan





§ Bersikap kritis dalam menggali informasi untuk menggolongkan monosakharida menjadi aldosa dan ketosa.
§ Munggunakan bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan reaksi hidrolisis disakharida dan polisakharida dengan bantuan enzim.
§ Bersikap kritis dalam menggali informasi untuk mengidentifikasi karbohidrat dengan reagen

§ Bersikap kritis dalam menggali informasi untuk menuliskan rumus struktur asam amino esensial.
§ Menentukan gugus peptida pada protein.
§ Jenis tagihan
-  tugas individu
-  tugas kelompok
-  responsi
-  kuis
-  ulangan
§  Bentuk instrumen
-  performans (kinerja
   dan sikap)
-   laporan tertulis
-   tes tertulis






§ Jenis tagihan
-  tugas individu
-  tugas kelompok
-  kuis
-  ulangan
§ Bentuk instrumen
- performans (kinerja dan sikap)
-  laporan tertulis
-  tes tertulis


6 jam
§ Sumber
-    Modul Kimia Kls XII
 dan kimia 3 erlangga
-  Internet
-   molymood

§ Bahan
-  lembar kerja
-  Bahan/alat
-  untuk
   percobaan
 -  LCD
 -  komputer
4.4. Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak


§ Rumus struktur dan nama lemak
§  
§ Penggolongan lemak dan minyak
§ Sifat fisik dan sifat kimia lemak dan minyak
§ Fungsi dan peran lemak dan minyak
·         Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak melalui diskusi.
§ Bersikap kritis dalam menggali informasi untuk menuliskan rumus struktur  dan nama lemak dan minyak
§ Bersikap kritis dalam menggali informasi untuk menggolongkan lemak berdasarkan kejenuhan ikatannya
§ Mengamati dan menguraikan sifat fisik dan sifat kimia lemak dan minyak dengan telitii
§ Munggunakan bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan  fungsi dan peran lemak dan minyak dalam kehidupan
§ Jenis tagihan
-  tugas individu
-  tugas kelompok
-  kuis
-  ulangan
§ Bentuk instrumen
- performans (kinerja dan sikap)
-  laporan tertulis
-  tes tertulis
6 jam
§ Sumber
-    -  Modul Kimia Kls XII
 dan kimia 3 erlangga
-  Internet

§ Bahan
-  lembar kerja
-  LCD
 -  komputer


Palopo,    Agustus  2011
                                                Kepala SMA Negeri 4 Palopo,                                               Guru Mata Pelajaran,



                                                Drs. Muhammad Yusuf, M.Pd.                                              Yusuf Sehe, S.Pd, M.Pd.
NIP. 19590908 108503 1 017                                NIP. 19700825 199601 1 001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar