Instrumen Penelitian
Yusuf Sehe, S.Pd, M.Pd.
ANGKET RESPON SISWA
TERHADAP KOMPONEN DAN
KEGIATAN
DALAM PEMBELAJARAN KIMIA
BERDASARKAN MODEL PBM
Mata Pelajaran
: Kimia
Kelas/ Semester : XI / 2
Materi Pokok : Larutan Penyangga
Hari/tanggal : 12 April 2011
Petunjuk
1.
Pada kuesioner ini terdapat 34
pernyataan. Pertimbangkan baik-baik
setiap pernyataan
dalam kaitannya
dengan
materi pembelajaran
yang baru selesai kamu pelajari,
dan tentukan kebenaranya.
Berilah
jawaban yang benar-benar cocok dengan
pilihanmu..
2.
Pertimbangkan setiap pernyataan secara terpisah dan tentukan kebenarannya. Jawabanmu
jangan dipengaruhi oleh jawaban terhadap pernyataan lain.
3.
Catat respon anda pada lembar jawaban yang tersedia, dan ikuti petunjuk-petunjuk lain
yang mungkin diberikan
berkaitan
dengan lembar jawaban. Terima kasih.
Keterangan Pilihan jawaban:
1
= sangat tidak
setuju
2
= tidak setuju
3
= ragu-ragu
4
= setuju
5
= sangat setuju
No
|
PERNYATAAN
|
Pilihan Jawaban
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Pertama kali
saya
melihat
pembelajaran ini, saya percaya
bahwa pembelajaran ini mudah bagi saya
|
|
|
|
|
|
2
|
Pada awal pembelajaran,
ada sesuatu yang
menarik bagi
saya.
|
|
|
|
|
|
3
|
Beberapa
pertanyaan dalam LKS, sulit untuk dipahami.
|
|
|
|
|
|
4
|
Setelah membaca informasi pendahuluan dalam buku, saya yakin bahwa saya mengetahui apa
yang harus saya pelajari dari
pembelajaran
ini.
|
|
|
|
|
|
5
|
Menyelesaikan tugas-tugas dalam pembelajaran ini membuat saya merasa
puas terhadap
hasil yang
telah saya
capai.
|
|
|
|
|
|
6
|
Jelas bagi saya bagaimana hubungan materi pembelajaran ini
dengan apa yang telah
saya
ketahui.
|
|
|
|
|
|
7
|
Buku mengandung amat banyak
informasi sehingga sukar bagi saya untuk mengambil ide-ide penting dan
mengingatnya
|
|
|
|
|
|
8
|
Materi
pembelajaran ini sangat menarik
perhatian.
|
|
|
|
|
|
9
|
Terdapat
cerita, gambar
atau contoh dalam buku yang menunjukkan
kepada saya bagaimana manfaat materi
pembelajaran
ini bagi beberapa orang.
|
|
|
|
|
|
10
|
Menyelesaikan tugas-tugas
dalam LKS dengan berhasil sangat penting
bagi saya
|
|
|
|
|
|
11
|
Kualitas dan variasi tulisannya
membuat saya
sangat tertarik.
|
|
|
|
|
|
12
|
Pembelajaran ini
sangat abstrak sehingga
sulit bagi
saya
untuk tetap mempertahankan perhatian saya.
|
|
|
|
|
|
13
|
Pada pembelajaran ini, saya tidak yakin akan berhasil walaupun
Saya berusaha mempelajari isinya.
|
|
|
|
|
|
14
|
Saya sangat
senang pada
pembelajaran ini
sehingga saya ingin mengetahui
lebih lanjut pokok
bahasan ini.
|
|
|
|
|
|
15
|
Halaman-halaman buku
ini kering dan tidak menarik.
|
|
|
|
|
|
16
|
Isi pembelajaran ini sesuai dengan minat saya
|
|
|
|
|
|
17
|
Cara penyusunan informasi pada halaman-halaman membuat Saya tetap mempertahankannya
|
|
|
|
|
|
18
|
Terdapat penjelasan dan contoh-contoh bagaimana manusia menggunakan pengetahuan dalam
pelajaran ini
|
|
|
|
|
|
19
|
Tugas-tugas dalam
LKS pada pembelajaran ini terlalu
sulit
|
|
|
|
|
|
20
|
Pada pembelajaran ini
ada hal-hal yang
merangsang rasa ingin tahu Saya
|
|
|
|
|
|
21
|
Saya benar-benar senang
mempelajari pembelajaran ini.
|
|
|
|
|
|
22
|
Jumlah pengulangan pada pembelajaran ini kadang-kadang
membosankan Saya
|
|
|
|
|
|
23
|
Petunjuk kerja untuk menyelesaikan
tugas-tugas dalam LKS, tidak jelas
|
|
|
|
|
|
24
|
Saya telah mempelajari sesuatu yang sangat menarik dan tak terduga sebelumnya
|
|
|
|
|
|
25
|
Setelah mempelajari pembelajaran ini beberapa saat, saya percaya bahwa Saya akan berhasil
dalam tes
|
|
|
|
|
|
26
|
Buku yang dipakai pada
pembelajaran ini tidak relevan dengan kebutuhan saya sebab sebagian besar isinya tidak Saya
ketahui
|
|
|
|
|
|
27
|
Kalimat umpan balik setelah latihan,
atau komentar- komentar lain pada pembelajaran ini, membuat saya merasa
mendapat penghargaan bagi upaya Saya
|
|
|
|
|
|
28
|
Keanekaragaman
tugas, ilustrasi
dan lain-lainya dalam LKS memukau perhatian
Saya pada pembelajaran ini
|
|
|
|
|
|
29
|
Gaya tulisan LKS
membosankan
|
|
|
|
|
|
30
|
Pertanyaan-pertanyaan
dalam LKS dapat menghubungkan isi pembelajaran ini dengan hal-hal
yang telah saya lihat, saya lakukan, atau saya pikirkan di
dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
|
|
|
|
31
|
Pada beberapa
halaman LKS terdapat
banyak
gambar
animasi yang
sangat mengganggu konsentrasi saya
|
|
|
|
|
|
32
|
Saya merasa bahagia
menyelesaikan
dengan berhasil
tugas dalam LKS pada pembelajaran ini
|
|
|
|
|
|
33
|
Isi pembelajaran ini akan bermanfaat bagi saya
|
|
|
|
|
|
34
|
Sedikitpun saya tidak
memahami materi pembelajaran
ini
|
|
|
|
|
|
Penggolongan Pernyataan dalam Angket
No.
|
Kondisi
|
Angket Respon
|
|
Nomor Pernyataan Positif
|
Nomor Pernyataan
Negatif
|
||
1.
|
Perhatian
(Attention)
|
2, 8,
20, 25
|
12, 23
|
2.
|
Relevansi
(Relevance)
|
6, 9, 17, 18, 30
|
7, 26, 31,
|
3.
|
Percaya Diri
(Confidence)
|
1, 4,10, 33
|
19, 13
|
4.
|
Kepuasan
(Satisfaction)
|
5, 11, 14, 16, 21, 24, 27, 28, 32,
|
3, 15, 22, 29, 34
|
Rekap skor
yang diberikan siswa
terhadap pernyataan-pernyataan
dalam
Angket
dibuat dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Untuk pernyataan dengan kriteria positif:
1 = sangat tidak setuju,
2 = tidak setuju,
3 = ragu-ragu,
4 = setuju,
5 = sangat setuju.
- Untuk pernyataan dengan kriteria negatif:
1 =
sangat setuju,
2 =
setuju,
3 = ragu-
ragu,
4 =
tidak setuju,
5 =
sangat tidak setuju.
- Mengitung skor rata-rata gabungan dari kriteria positif dan negatif tiap kondisi, kemudian menentukan katagorinya dengan ketentuan:
skor
90%-100% : Baik sekali
skor
80%-89% : Baik
skor
70%-79% : Cukup
skor
60%- 69% : Kurang
skor
< 60% : Sangat kurang
Tabel rekapitulasi jawaban
angket
No. siswa
|
Nomor item pernyataan
|
Total
Skor
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
dst
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Total
Skor
|
191
|
180
|
100
|
195
|
200
|
114
|
187
|
191
|
200
|
189
|
1747
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar