Instrumen Penelitian
(Peneliti : Yusuf Sehe)…………
LEMBAR OBSERVASI
PENGELOLAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
PADA
MATA PELAJARAN KIMIA
Hari/Tanggal :
Selasa / 12 April 2011
Sekolah :
SMAN 4 Palopo
Kelas/Semester :
XI. IPA.2 / 2
Materi Pokok :
Larutan Penyangga
Pertemuan ke- :
4 (empat)
Pengamat :
Risnawar Bakri, S.Pd.
Petunjuk :
Lembar ini diisi oleh
pengamat pada saat proses pembelajaran, yang memuat
aspek-aspek pengukuran
dari
penerapan model Problem Based Learning (PBL).
Berilah tanda check list (√) pada angka-angka yang sesuai dengan pengamatan Anda pada kolom indikator yang tersedia:
Skor 5 : Baik Sekali
Skor 4 : Baik
Skor 3 : Cukup
Skor 2 : Kurang
Skor 1 : Kurang Sekali
No.
|
Aspek yang Diamati
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1.
|
Pemberian
apersepsi dengan
menanyakan materi
sebelumnya kepada siswa.
|
|
|
|
|
|
2.
|
Penjelasan materi diikuti
dengan pemberian
masalah kepada siswa.
|
|
|
|
|
|
3.
|
Pembagian kelompok
(membagi siswa ke
dalam
kelompok kecil yang
heterogen
dimana
satu kelompok
terdiri dari 7-8 orang).
|
|
|
|
|
|
4.
|
Pengarahan kepada siswa untuk
bergabung dengan anggota kelompoknya masing-masing.
|
|
|
|
|
|
5.
|
Pengarahan
kepada siswa
untuk
membagi
tugas sesuai dengan peran masing-masing.
|
|
|
|
|
|
6.
|
Pemberian lembar kerja kelompok kepada masing-masing kelompok.
|
|
|
|
|
|
7.
|
Meminta siswa
untuk mendiskusikan penyelesaian
masalah yang akan diberikan secara berkelompok dengan memanfaatkan berbagai sumber referensi terutama
buku siswa yang telah dikembangkan..
|
|
|
|
|
|
8.
|
Pengarahan dan pengawasan
kegiatan diskusi kelompok yang berlangsung agar siswa aktif dalam berdiskusi.
|
|
|
|
|
|
9.
|
Meminta masing-masing kelompok
melalui perwakilannya untuk
menyajikan materi
yang didiskusikan di depan kelas.
|
|
|
|
|
|
10.
|
Meminta kelompok
lain untuk memberikan tanggapan terhadap presentasi kelompok yang maju ke depan.
|
|
|
|
|
|
11
|
Mengumpulkan hasil kerja kelompok
|
|
|
|
|
|
12
|
Pemberian penghargaan berupa
(pujian, ucapan
selamat,) kepada
kelompok yang berhasil
memecahkan masalah.
|
|
|
|
|
|
13
|
Pemberian tes individu
sebagai
umpan
balik terhadap hasil pembelajaran
|
|
|
|
|
|
14
|
Menyimpulkan materi pelajaran.
|
|
|
|
|
|
15
|
Menutup proses pembelajaran
|
|
|
|
|
|
Pengamat,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar