Instrumen Penelitian
(Peneliti : Yusuf Sehe)
LEMBAR OBSERVASI
KETERLAKSANAAN PERANGKAT PEMBELAJARAN
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
PADA MATA PELAJARAN KIMIA
Hari/Tanggal : Rabu / 30 Maret 2011
Sekolah : SMAN 4 Palopo
Kelas/Semester : XI. IPA.2 / 2
Materi Pokok : Larutan Penyangga
Pertemuan : Petama
Pengamat : Risnawar Bakri, S.Pd.
Petunjuk :
Lembar ini diisi oleh pengamat pada saat proses pembelajaran, yang memuat aspek-aspek pengukuran dari keterlaksanaan perangkat pembelajaran model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Berilah tanda check list (√) pada angka-angka yang sesuai dengan pengamatan Anda pada kolom indikator yang tersedia:
Skor 5 : Baik Sekali
Skor 4 : Baik
Skor 3 : Cukup
Skor 2 : Kurang
Skor 1 : Kurang Sekali
No. | Aspek yang Diamati | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
A | Sintaks ( RPP ) | |||||
1. | Perumusan masalah untuk dipecahkan oleh siswa. | |||||
2. | Menetapkan jawaban sementara atau lebih dikenal dengan istilah hipotesis. | |||||
3. | Siswa mencari informasi, data, dan fakta yang diperlukan untuk menjawab permasalahan. | |||||
4. | Berdasarkan hasil kerja kelompok, siswa menarik kesimpulan (generalisasi). | |||||
5. | Presentasi salah satu kelompok atas kesimpulan yang diperoleh. | |||||
B | Interaksi Sosial (Buku Siswa dan LKS) | |||||
6. | Interaksi(komunikasi) multi arah antara guru dengan siswa dan antara siswa dengan siswa. | |||||
7. | Keaktifan siswa dalam mencari dan mengumpulkan data yang sesuai dengan materi yang ada pada Buku Siswa dan LKS | |||||
8. | Keaktifan siswa dalam kelompok kooperatif guna mengkonstruk setiap langkah yang terdapat pada LKS. | |||||
9. | Penghargaan dan pemberian kesempatan kepada siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. | |||||
C | Prinsip Reaksi (Buku Siswa, RPP, dan LKS) | |||||
10. | Guru membangkitkan motivasi siswa dan menciptakan suasana yang nyaman untuk pembelajaran. | |||||
11 | Guru menyediakan dan mengelola sumber-sumber belajar yang relevan yang mendukung kelancaran proses pembelajaran dan sesuai KD yang akan dicapai | |||||
12 | Guru memperhitungkan alokasi waktu dalam menyelesaikan LKS. | |||||
13 | Guru membimbing siswa bekerja dalam kelompok. | |||||
14 | Guru memberikan penguatan positif. | |||||
15 | Guru menggunakan alat bantu pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa sesuai rencana yang ada pada RPP |
Pengamat,
Risnawar Bakri, S.Pd..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar