Selasa, 03 Juli 2012

ANGKET RESPON POSITIF SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN


Instrumen Penelitian
Yusuf Sehe, S.Pd, M.Pd.

ANGKET RESPON SISWA
TERHADAP KOMPONEN DAN KEGIATAN
DALAM PEMBELAJARAN KIMIA BERDASARKAN MODEL PBM

Mata Pelajaran            : Kimia
Kelas/ Semester       : XI / 2
Materi Pokok                : Larutan Penyangga
Hari/tanggal                 : 12  April  2011
Petunjuk
1.  Pada kuesioner ini terdapat 34 pernyataan. Pertimbangkan baik-baik setiap pernyataan dalam kaitannya dengan materi pembelajaran yang baru selesai kamu pelajari, dan tentukan kebenaranya. Berilah jawaban yang benar-benar cocok dengan pilihanmu..
2. Pertimbangkan setiap pernyataan secara terpisah dan tentukan kebenarannya. Jawabanmu jangan dipengaruhi oleh jawaban terhadap pernyataan lain.
3. Catat respon anda pada lembar jawaban yang tersedia, dan ikuti petunjuk-petunjuk lain yang mungkin diberikan berkaitan dengan lembar jawaban. Terima kasih.
Keterangan Pilihan jawaban:
1 = sangat tidak setuju
2 = tidak setuju
3 = ragu-ragu
4 = setuju
5 = sangat setuju


No
PERNYATAAN
Pilihan Jawaban
1
2
3
4
5
1
Pertama  kali  saya  melihat  pembelajaran  ini, saya  percaya bahwa pembelajaran ini mudah bagi saya





2
Pada  awal  pembelajaran,  ada  sesuatu  yang  menarik  bagi saya.





3
Beberapa pertanyaan dalam LKS, sulit untuk dipahami.





4
Setelah membaca informasi pendahuluan dalam buku, saya yakin bahwa saya mengetahui apa yang harus saya pelajari dari pembelajaran ini.





5
Menyelesaikan tugas-tugas dalam pembelajaran ini membuat saya merasa puas terhadap hasil yang telah saya capai.





6
Jelas bagi saya bagaimana hubungan materi pembelajaran ini dengan apa yang telah saya ketahui.





7
Buku mengandung amat banyak informasi sehingga sukar bagi saya untuk mengambil ide-ide penting dan mengingatnya





8
Materi pembelajaran ini sangat menarik perhatian.





9
Terdapat  cerita,  gambar  atau  contoh  dalam buku yang  menunjukkan kepada  saya  bagaimana  manfaat  materi  pembelajaran  ini bagi beberapa orang.





10
Menyelesaikan tugas-tugas dalam LKS dengan berhasil sangat penting bagi saya





11
Kualitas dan variasi tulisannya membuat saya sangat tertarik.





12
Pembelajaran  ini  sangat  abstrak  sehingga  sulit  bagi  saya untuk tetap mempertahankan perhatian saya.





13
Pada  pembelajaran  ini,  saya  tidak yakin akan berhasil walaupun Saya berusaha mempelajari isinya.





14
Saya  sangat  senang  pada  pembelajaran  ini  sehingga  saya ingin mengetahui lebih lanjut pokok bahasan ini.





15
Halaman-halaman  buku ini kering dan tidak menarik.





16
Isi pembelajaran ini sesuai dengan minat saya





17
Cara penyusunan informasi pada halaman-halaman membuat Saya tetap mempertahankannya





18
Terdapat penjelasan dan contoh-contoh bagaimana manusia menggunakan pengetahuan dalam pelajaran ini





19
Tugas-tugas dalam LKS pada pembelajaran ini terlalu sulit





20
Pada  pembelajaran  ini  ada  hal-hal  yang  merangsang  rasa ingin tahu Saya





21
Saya benar-benar senang mempelajari pembelajaran ini.





22
Jumlah pengulangan pada pembelajaran ini kadang-kadang membosankan Saya





23
Petunjuk kerja untuk menyelesaikan tugas-tugas dalam LKS, tidak jelas





24
Saya telah mempelajari sesuatu yang sangat menarik dan tak terduga sebelumnya





25
Setelah mempelajari pembelajaran ini beberapa  saat, saya percaya bahwa Saya akan berhasil dalam tes








26
Buku yang dipakai pada pembelajaran ini tidak relevan dengan kebutuhan saya sebab sebagian besar isinya tidak Saya ketahui





27
Kalimat umpan balik setelah latihan,  atau komentar- komentar lain pada pembelajaran ini, membuat saya merasa mendapat penghargaan bagi upaya Saya





28
Keanekaragaman  tugas,  ilustrasi  dan  lain-lainya dalam LKS memukau perhatian Saya pada pembelajaran ini





29
Gaya tulisan LKS membosankan





30
Pertanyaan-pertanyaan dalam LKS dapat menghubungkan isi pembelajaran ini dengan hal-hal yang telah saya lihat, saya lakukan, atau saya pikirkan di dalam kehidupan sehari-hari.





31
Pada  beberapa  halaman  LKS terdapat  banyak  gambar animasi  yang  sangat mengganggu konsentrasi saya





32
Saya merasa bahagia menyelesaikan dengan berhasil tugas dalam LKS pada pembelajaran ini





33
Isi pembelajaran ini akan bermanfaat bagi saya





34
Sedikitpun saya tidak memahami materi pembelajaran ini







Penggolongan Pernyataan dalam Angket


No.


Kondisi
Angket Respon
Nomor Pernyataan Positif
Nomor Pernyataan Negatif
1.
Perhatian
(Attention)

2, 8,  20, 25

12, 23
2.
Relevansi
(Relevance)
6, 9, 17, 18, 30
7, 26, 31,
3.
Percaya  Diri
(Confidence)

1, 4,10, 33

19, 13
4.
Kepuasan
(Satisfaction)
5,  11, 14, 16, 21, 24, 27, 28, 32,
3, 15, 22, 29, 34

Rekap  skor  yang  diberikan  siswa  terhadap  pernyataan-pernyataan  dalam  Angket dibuat dengan ketentuan sebagai berikut:
1.    Untuk pernyataan dengan kriteria positif:
1 = sangat tidak setuju,
2 = tidak setuju,
3 = ragu-ragu,
4 = setuju,
5 = sangat setuju.
  1. Untuk pernyataan dengan kriteria negatif:
1 = sangat setuju,
2 = setuju,
3 = ragu- ragu,
4 = tidak setuju,
5 = sangat tidak setuju.
  1. Mengitung skor rata-rata gabungan dari kriteria positif dan negatif tiap kondisi, kemudian  menentukan katagorinya dengan ketentuan:  
skor 90%-100% : Baik sekali
skor 80%-89%   : Baik
skor 70%-79%   : Cukup
skor 60%- 69% : Kurang
skor < 60%         : Sangat kurang

Tabel rekapitulasi jawaban angket
No. siswa
Nomor item pernyataan
Total
Skor
1
2
3
4
5
6
7
8
9
dst
1











2











3











4











5











dst











Total
Skor

191

180

100

195

200

114

187

191

200

189

1747


Tidak ada komentar:

Posting Komentar