Selasa, 24 Juli 2012

LEMBAR OBSERVASI KETERLAKSANAAN PERANGKAT PEMBELAJARAN


Dapat uang melalui internet




Instrumen Penelitian
(Peneliti : Yusuf Sehe)

LEMBAR OBSERVASI
KETERLAKSANAAN PERANGKAT PEMBELAJARAN
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
PADA MATA PELAJARAN KIMIA


Hari/Tanggal             : Rabu /  30 Maret  2011
Sekolah                     : SMAN 4 Palopo
Kelas/Semester        : XI. IPA.2 / 2
Materi Pokok             : Larutan Penyangga
Pertemuan                : Petama
Pengamat                 : Risnawar Bakri, S.Pd.

Petunjuk :
Lembar ini diisi oleh pengamat pada saat proses pembelajaran, yang memuat  aspek-aspek  pengukuran  dari  keterlaksanaan perangkat pembelajaran  model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Berilah tanda check list (√) pada angka-angka yang sesuai dengan pengamatan Anda pada kolom indikator yang tersedia:
Skor 5 : Baik Sekali
Skor 4 : Baik
Skor 3 : Cukup
Skor 2 : Kurang
Skor 1 : Kurang Sekali



No.
Aspek yang Diamati
1
2
3
4
5
A
Sintaks  ( RPP )





1.
Perumusan masalah untuk dipecahkan oleh siswa.





2.
Menetapkan jawaban sementara atau lebih dikenal dengan istilah hipotesis.





3.
Siswa mencari informasi, data, dan fakta yang diperlukan untuk menjawab permasalahan.





4.
Berdasarkan hasil kerja kelompok, siswa menarik kesimpulan (generalisasi).





5.
Presentasi salah satu kelompok atas kesimpulan yang diperoleh.





B
Interaksi Sosial (Buku Siswa dan LKS)





6.
Interaksi(komunikasi) multi arah antara guru dengan siswa dan antara siswa dengan siswa.







7.
Keaktifan siswa dalam mencari dan mengumpulkan data yang sesuai dengan materi yang ada pada Buku Siswa dan LKS





8.
Keaktifan siswa dalam kelompok kooperatif guna mengkonstruk setiap langkah yang terdapat pada LKS.





9.
Penghargaan dan pemberian kesempatan kepada siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran.





C
Prinsip Reaksi
(Buku Siswa, RPP, dan LKS)





10.
Guru membangkitkan motivasi siswa dan menciptakan suasana yang nyaman untuk pembelajaran.





11
Guru menyediakan dan mengelola sumber-sumber belajar yang relevan yang mendukung kelancaran proses pembelajaran dan sesuai KD yang akan dicapai





12
Guru memperhitungkan alokasi waktu dalam menyelesaikan LKS.





13
Guru membimbing siswa bekerja dalam kelompok.





14
Guru memberikan penguatan positif.





15
Guru menggunakan alat bantu pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa sesuai rencana yang ada pada RPP









Pengamat,



Risnawar Bakri, S.Pd..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar