Sabtu, 21 Juli 2012

Pengembangan RPP Kimia Berbasis Masalah


Produk Penelitian Pengembangan RPP oleh YUSUF SEHE
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan             : SMA Negeri 4 Palopo
Mata Pelajaran                     : KIMIA
Kelas/ Semester                   : XI / 2
Pertemuan                            : Pertama
Alokasi Waktu                      : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi           : Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa,  
  metode pengukuran, dan terapannya
 

I.        Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan sifat larutan penyangga dan peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup.

II.        Indikator Pencapaian
A.   Kognitif
1.    Produk:
a.    Menjelaskan pengertian larutan penyanga
b.    Menjelaskan sifat larutan penyangga
2.    Proses:
Menganalisis masalah yang dikemukakan pada LKS 01
a.    mengumpulkan informasi dengan mengikuti draf yang telah diberikan
b.    mengidentifikasi berbagai konsep dari beberapa disiplin ilmu yang dapat mendukung pemecahan masalah
c.    merumuskan hipotesis


B.   Afektif
1.    Karakter
a.    jujur
b.    tanggung jawab
c.    teliti
2.    Keterampilan sosial
a.    bertanya
b.    menyumbang idea tau berpendapat
c.    menghargai pendapat teman
d.    berkomunikasi

III.        Tujuan Pembelajaran
A.   Kognitif
1.    Produk:
a.    Secara mandiri siswa akan dapat menjelaskan pengertian larutan penyanga dengan mengerjakan LKS 01 : Produk sesuai dengan kunci jawaban.
b.    Secara mandiri siswa akan dapat menjelaskan sifat larutan penyangga sesuai kunci LKS 01
2.    Proses:
a.    Diberikan LKS/XI-2/LP/01, siswa dapat mendiskusikan jawabannya sesuai dengan kunci jawabannya.
b.    Disediakan buku siswa yang berisi berbagai informasi yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah yang diberikan pada LKS 01, siswa secara berkelompok dapat merumuskan hipotesis.

B.   Afektif
1.    Karakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa dan siswa dapat menunjukkan karakter kejujuran, tanggung jawab, dan teliti.


2.    Keterampilan sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa dan siswa dapat menunjukkan perilaku keterampilan sosial bertanya, menyumbangkan ide atau berpendapat, menghargai pendapat teman dan berkomunikasi.

IV.        Materi Pokok
Materi                   : Larutan penyangga
Sub materi          : Definisi larutan penyangga
  Sifat-sifat larutan penyangga

V.        Sumber Belajar/Media Pembelajaran
1.    Sumber belajar :
·         Artikel O-FISH dari situs  www.o-fish.com/Air/Kemasaman.php
·         Buku Siswa Larutan Penyangga SMA Kelas XI Semester 2 (Produk pengembangan)
·         Sains Kimia 2 SMA/MA (Penerbit Sinar Grafika)
·         Kimia untuk Kelas XI SMA/MA (Penerbit Platinum)
2.    Media pembelajaran :
·         LKS Larutan Penyangga
·         Laptop/LCD Proyektor

VI.        Kegiatan Pembelajaran
1.    Model                   : Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM)
2.    Pendekatan        : Pemecahan Masalah/Pengajuan Masalah
3.    Metode                 : Penemuan terbimbing, diskusi, curah pendapat.

Skenario Pembelajaran
A.           Kegiatan awal (+ 25 menit )
(Fase I : Orientasi siswa pada masalah)
a.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran (KD dan indikator)
b.    Guru memberikan pretest untuk mengetahui pengetahuan awal siswa terhadap materi yang akan dibahas
c.    Guru memotivasi siswa dengan cara menyampaikan kegunaan materi larutan penyangga dalam kehidupan sehari-hari dan melakukan apersepsi.
d.    Guru mengajukan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan materi larutan penyangga
B.           Kegiatan inti (+ 70 menit)
(Fase II : Mengorganisasi siswa untuk belajar ) (+ 10 menit)
a.    Guru mengorganisasi siswa ke dalam kelompoknya masing-masing.
b.    Guru menginstruksikan kepada siswa untuk membuka LKS 01 yang telah dibagikan.
c.    Guru memberi petunjuk kepada siswa tentang cara mengerjakan soal yang diajukan pada LKS 01.
 (Fase III : Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok) (+ 30 menit)
a.    Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas yang akan dikerjakan sebagaimana yang terdapat dalam LKS-nya masing-masing (LKS/XI-2/LP/01) secara berkelompok
b.    Guru mengarahkan siswa untuk melakukan kajian teori atas permasalahan yang diungkapkan pada artikel O-FISH dalam LKS 01 dengan memanfaatkan buku siswa serta referensi lain yang relevan dengan tugas yang akan dikerjakan
c.    Guru membimbing siswa untuk membuat jawaban sementara (hipotesis) atas permasalahan yang diungkapkan pada artikel O-FISH dalam LKS 01.
(Fase IV : Mengembangkan dan menyajikan hasil karya)    (+ 10 menit)
a.    Guru memberikan bimbingan agar dilakukan curah pendapat dalam kelompok untuk  menjawab semua pertanyanyaan dalam LKS 01.
b.    Guru memeriksa hasil kerja setiap kelompok sebelum dibacakan di kelas.
(Fase V :  Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah)    (+ 15 menit)
c.    Mengarahkan setiap kelompok untuk mengecek kembali LKS hasil kerja kelompoknya
d.    Salah satu kelompok ditunjuk untuk membacakan hasil kerja kelompoknya dalam LKS serta kelompok lain memberi pertanyaan/tanggapan/masukan.
d.    Guru memberikan penguatan terhadap jawaban yang berkembang dalam diskusi tersebut.
C.           Kegiatan akhir  ( + 5 menit )
a.    Guru memberikan apresiasi terhadap laporan hasil diskusi yang telah dikumpulkan oleh masing-masing kelompok
b.    Guru menyampaikan rencana kegiatan pada pertemuan berikutnya.

 VII.        Penilaian
1.    Penilaian proses
·         Penilaian kelompok dengan pengamatan proses kerja kelompok (LOAS) terlampir.


2.    Penilaian hasil
a)    Penilaian individu
-       Teknik      : tertulis
-       Bentuk     : Essay (terlampir)
b)    Penilaian kelompok
-       Rubrik berdasarkan LOAS
 






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Satuan Pendidikan             : SMA Negeri 4 Palopo
Mata Pelajaran                     : KIMIA
Kelas/ Semester                   : XI / 2
Pertemuan                            : Kedua
Alokasi Waktu                      : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi           : Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa,  
  metode pengukuran, dan terapannya


I.        Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan sifat larutan penyangga dan peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup.

II.        Indikator Pencapaian
A.   Kognitif
1.    Produk:
a.    Menentukan komposisi larutan penyangga
b.    Menghitung stoikiometri campuran dua buah larutan
c.    Menentukan campuran yang dapat membentuk larutan penyangga
d.    Menentukan rumusan pH larutan penyangga
2.    Proses:
Melakukan diskusi kelompok untuk mengerjakan soal-soal  pada LKS 02
a.    Mengelompokkan larutan berdasarkan jenisnya (asam/basa/garam)
b.    Membuat kombinasi pencampuran yang dapat menghasilkan larutan penyangga

c.    Membuat hipotesis untuk menentukan salah satu campuran yang dapat membentuk larutan penyangga dari tiga contoh campuran yang disiapkan.
d.    Mengidentifikasi rumusan pH yang sesuai untuk digunakan dalam menentukan pH larutan penyengga berdasarkan jenisnya.

B.   Afektif
1.    Karakter
a.    jujur
b.    tanggung jawab
c.    teliti
2.    Keterampilan sosial
a.    bertanya
b.    menyumbang idea tau berpendapat
c.    menghargai pendapat teman
d.    berkomunikasi

III.        Tujuan Pembelajaran
A.   Kognitif
1.    Produk:
a.    Secara mandiri siswa akan dapat menentukan komposisi larutan penyanga dengan mengerjakan LKS 02. Produk sesuai dengan kunci jawaban.
b.    Secara mandiri siswa akan dapat mengidentifikasi suatu larutan yang tergolong larutan penyangga setelah melakukan perhitungan . Produk sesuai kunci LKS 02.
c.    Secara mandiri siswa akan dapat merumuskan sebuah hipotesis untuk menentukan larutan penyangga yang dari tiga contoh larutan yang diberikan. Produk sesuai kunci LKS 02
d.    Secara mandiri siswa akan dapat menentukan rumusan yang tepat untuk menghitung pH berdasarkan komposisi pembentuk dari suatu larutan penyangga yang diberikan. Produk sesuai kunci LKS 02


2.    Proses:
a.    Diberikan LKS/XI-2/LP/02, siswa dapat mendiskusikan jawabannya sesuai dengan kunci jawaban.
b.    Disediakan buku siswa yang berisi berbagai informasi yang dibutuhkan untuk menghitung stoikiometri campuran yang diberikan pada LKS 02, melalui diskusi kelompok, siswa menentukan jenis larutannya sesuai kunci LKS 02
B.   Afektif
1.    Karakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa dan siswa dapat menunjukkan karakter kejujuran, tanggung jawab, dan teliti.
2.    Keterampilan sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa dan siswa dapat menunjukkan perilaku keterampilan sosial bertanya, menyumbangkan ide atau berpendapat, menghargai pendapat teman dan berkomunikasi.

IV.        Materi Pokok
Materi                   : Larutan penyangga
Sub materi          : Komposisi larutan penyangga
  Stoikiometri larutan penyangga

V.        Sumber Belajar/Media Pembelajaran
1.    Sumber belajar :
·         Artikel O-FISH dari situs  www.o-fish.com/Air/Kemasaman.php
·         Buku Larutan Penyangga SMA Kelas XI Semester 2 (Produk pengembangan)
·         Sains Kimia 2 SMA/MA (Penerbit Sinar Grafika)
·         Kimia untuk Kelas XI SMA/MA (Penerbit Platinum)


2.    Media pembelajaran :
·         LKS Larutan Penyangga
·         Laptop/LCD Proyektor

VI.        Kegiatan Pembelajaran
1.    Model                   : Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM)
2.    Pendekatan        : Pemecahan Masalah/Pengajuan Masalah
3.    Metode                 : Penemuan terbimbing, diskusi, curah pendapat.
Skenario Pembelajaran
A.           Kegiatan awal (+ 10 menit )
(Fase I : Orientasi siswa pada masalah)
a.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran (KD dan indikator)
b.    Guru memotivasi siswa dengan cara menyampaikan hubungan antara masalah yang diungkap pada pertemuan sebelumnya dengan sub materi yang akan dibahas.
c.     Guru melakukan apersepsi.
B.           Kegiatan inti (+ 75 menit)
(Fase II : Mengorganisasi siswa untuk belajar ) (+ 10 menit)
a.    Guru mengorganisasi siswa ke dalam kelompoknya masing-masing.
b.    Guru menginstruksikan kepada siswa untuk membuka LKS 02  yang berisi tugas tentang komposisi dan sifat larutan penyangga
c.    Guru memberi petunjuk kepada siswa tentang cara mengerjakan soal yang diajukan pada LKS 02 yang akan dikerjakan secara berkelompok.


(Fase III : Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok) (+ 65 menit)
d.    Guru membantu siswa mengorganisasikan tugas yang akan dikerjakan sebagaimana yang terdapat dalam LKS-nya masing-masing (LKS/XI-2/LP/02) secara berkelompok
e.    Guru mengarahkan siswa untuk melakukan kajian teori atas permasalahan yang diungkapkan pada artikel dalam LKS 02 dengan memanfaatkan buku pegangan serta referensi lain yang relevan dengan tugas yang akan dikerjakan
f.     Guru melakukan pemantauan kepada setiap kelompok untuk mengetahui hambatan belajar yang mungkin dialami oleh setiap kelompok dalam mengerjakan tugas dalam LKS 02
g.    Guru mengarahkan siswa untuk membuat laporan hasil diskusi.
(Fase IV : Mengembangkan dan menyajikan hasil karya)    (+ 10 menit)
h.    Guru memberikan bimbingan agar dilakukan curah pendapat dalam kelompok untuk  menjawab semua pertanyanyaan dalam LKS 02.
i.      Siswa melakukan curah pendapat dalam kelompok atas jawaban pertanyaan pada LKS 02
j.      Guru memeriksa laporan hasil diskusi setiap kelompok sebelum dibacakan di kelas.
(Fase V :  Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah)    (+ 15 menit)
k.    Mengarahkan setiap kelompok untuk mengecek kembali LKS hasil kerja kelompoknya
l.      Salah satu kelompok ditunjuk untuk membacakan hasil kerja kelompoknya dalam LKS serta kelompok lain memberi pertanyaan/tanggapan/masukan.
m.  Guru memberikan penguatan terhadap jawaban yang berkembang dalam diskusi tersebut.
C.           Kegiatan akhir  ( + 5 menit )
n.    Guru memberikan apresiasi terhadap laporan hasil diskusi yang telah dikumpulkan oleh masing-masing kelompok
o.    Guru menyampaikan rencana kegiatan pada pertemuan berikutnya.
VII.        Penilaian
1.    Penilaian proses
·         Penilaian kelompok dengan pengamatan proses kerja kelompok (LOAS) terlampir.
2.    Penilaian hasil
a)    Penilaian individu
-       Teknik      : tertulis
-       Bentuk     : Essay (terlampir)
b)    Penilaian kelompok
-       Rubrik berdasarkan LOAS
 




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Satuan Pendidikan             : SMA Negeri 4 Palopo
Mata Pelajaran                     : KIMIA
Kelas/ Semester                   : XI / 2
Pertemuan                            : Ketiga
Alokasi Waktu                      : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi           : Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa,  
  metode pengukuran, dan terapannya


I.        Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan sifat larutan penyangga dan peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup.

II.        Indikator Pencapaian
A.   Kognitif
1.    Produk:
a.    Menghitung pH larutan penyanga
b.    Menjelaskan pengaruh  penambahan sedikit asam terhadap pH larutan penyangga
c.    Menjelaskan pengaruh penambahan sedikit basa terhadap pH larutan penyangga
d.    Menjelaskan pengaruh pengenceran terhadap pH larutan penyangga
e.    Menyimpulkan sifat larutan penyangga berdasarkan hasil eksperimen.


2.    Proses:
Melakukan eksperimen untuk menyelidiki pengaruh penambahan sedikit asam, penambahan sedikit basa, dan pengenceran terhadap pH larutan penyangga.
1)    merumuskan hipotesis
2)    mengidentifikasi variabel manipulasi
3)    mengidentifikasi variabel control
4)    melaksanakan eksperimen
5)    mengisi table pengamatan
6)    melakukan analisis data
7)    merumuskan kesimpulan.

B.   Psikomotor
1.  Menyiapkan larutan sampel dalam gelas beaker dengan volume yang tepat berdasarkan pengukuran menggunakan silinder ukur sesuai petunjuk kerja dalam LKS 03
2.  Melakukan pencampuran larutan dengan pengukuran yang tepat menggunakan silinder ukur sesuai petunjuk kerja dalam LKS 03
3.  Menentukan pH larutan menggunakan indikator universal
C.   Afektif
1.    Karakter
a.    jujur
b.    tanggung jawab
c.    hati-hati
d.    teliti
2.    Keterampilan sosial
a.    bertanya
b.    menyumbang idea tau berpendapat
c.    menghargai pendapat teman
d.    berkomunikasi





III.        Tujuan Pembelajaran
A.   Kognitif
1.    Produk:
a.    Secara mandiri siswa akan dapat menghitung pH larutan penyanga dengan mengerjakan LKS 03
b.    Secara mandiri akan dapat menjelaskan pengaruh  penambahan sedikit asam terhadap pH larutan penyangga berdasarkan data hasil eksperimen pada LKS 03
c.    Secara mandiri akan dapat menjelaskan pengaruh penambahan sedikit basa terhadap pH larutan penyangga berdasarkan data hasil eksperimen pada LKS 03
d.    Secara mandiri akan dapat menjelaskan pengaruh pengenceran terhadap pH larutan penyangga berdasarkan data eksperimen pada LKS 03
e.    Menyimpulkan sifat larutan penyangga berdasarkan hasil eksperimen dengan mengerjakan LKS 03.
2.    Proses:
Diberikan alat dan bahan serta LKS 03, siswa dapat melaksanakan eksperimen untuk menyelidiki pengaruh penambahan sedikit asam, penambahan sedikit basa, dan pengaruh pengenceran terhadap perubahan pH larutan penyangga sesuai kunci LKS 03 (merumuskan hipotesis, mengidentifikasi variabel manipulasi, mengidentifikasi variabel control, melaksanakan eksperimen, mengisi tabel pengamatan, melakukan analisis data, dan merumuskan kesimpulan).

B.   Psikomotor
1.  Disiapkan alat, bahan dan LKS, siswa akan dapat mengukur pH larutan dengan menggunakan indikator universal.
2.  Disiapkan alat, dan bahan, siswa akan dapat melakukan pencampuran larutan dengan pengukuran yang tepat sesuai petunjuk kerja dalam LKS 03
3.  Disediakan LKS 03, siswa akan dapat mencatat hasil pengukurannya ke dalam tabel yang telah disiapkan.

C.   Afektif
a.    Karakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa dan siswa dapat menunjukkan karakter kejujuran, tanggung jawab, dan teliti.
b.    Keterampilan sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa dan siswa dapat menunjukkan perilaku keterampilan sosial bertanya, menyumbangkan ide atau berpendapat, menghargai pendapat teman dan berkomunikasi.


IV.        Materi Pokok
Materi                   : Larutan penyangga
Sub materi          : pH larutan penyangga

V.        Sumber Belajar/Media Pembelajaran
1.    Sumber belajar :
·         Buku Larutan Penyangga SMA Kelas XI Semester 2 (Produk pengembangan)
·         Sains Kimia 2 SMA/MA (Penerbit Sinar Grafika)
·         Kimia untuk Kelas XI SMA/MA (Penerbit Platinum)
2.    Media pembelajaran :
·         LKS Praktik Larutan Penyangga
·         Alat-alat dan bahan-bahan yang dibutuhkan pada percobaan larutan penyangga
·         LKS 03 (Praktik)

VI.        Kegiatan Pembelajaran

1.    Model                   : Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM)
2.    Pendekatan        : Pemecahan Masalah/Pengajuan Masalah
3.    Metode                 : Penemuan terbimbing, diskusi, curah pendapat.
Skenario Pembelajaran
A.     Kegiatan awal (+ 10 menit )
(Fase I : Orientasi siswa pada masalah)
a.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran (KD dan indikator)
b.    Guru memotivasi siswa dengan cara menyampaikan hubungan antara masalah yang diungkap pada pertemuan sebelumnya dengan tujuan praktik yang akan dilakukan.
c.     Guru melakukan apersepsi.
B.     Kegiatan inti (+ 75 menit)
(Fase II : Mengorganisasi siswa untuk belajar ) (+ 10 menit)
a.    Guru mengorganisasi siswa ke dalam kelompoknya masing-masing.
b.    Guru menginstruksikan kepada siswa untuk membuka LKS 03 yang berisi petunjuk praktikum beserta tabel pengamatan.
c.    Guru memberi petunjuk kepada siswa tentang cara mengisi tabel hasil pengamatan pada LKS 03 yang selanjutnya dianalisis secara berkelompok.
(Fase III : Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok) (+ 45 menit)
a.    Guru membantu siswa melakukan percobaan sesuai petunjuk yang terdapat dalam LKS-nya masing-masing (LKS/XI-2/LP/03) secara berkelompok
b.    Guru mengarahkan siswa untuk melakukan percobaan dengan hati-hati dan teliti sehingga data yang diperoleh lebih akurat.
c.    Guru melakukan pemantauan kepada setiap kelompok untuk mengetahui permasalahan yang mungkin dialami oleh setiap kelompok dalam melakukan percobaan.
d.    Siswa melakukan curah pendapat dalam kelompok atas hasil percobaan yang dilakukan dan jawaban pertanyaan pada LKS 03
e.    Guru mengarahkan siswa untuk membuat laporan hasil diskusi.
(Fase IV : Mengembangkan dan menyajikan hasil karya)    (+ 15 menit)
f.     Guru memberikan bimbingan agar dilakukan curah pendapat dalam kelompok untuk  menjawab semua pertanyanyaan dalam LKS 03.
g.    Siswa melakukan curah pendapat dalam kelompok atas jawaban pertanyaan pada LKS 03
h.    Guru memeriksa laporan hasil diskusi setiap kelompok sebelum dibacakan di kelas.
(Fase V :  Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah)    (+ 15 menit)
p.    Mengarahkan setiap kelompok untuk mengecek kembali LKS hasil kerja kelompoknya
q.    Salah satu kelompok ditunjuk untuk membacakan hasil kerja kelompoknya dalam LKS serta kelompok lain memberi pertanyaan/tanggapan/masukan.
r.     Guru memberikan penguatan terhadap jawaban yang berkembang dalam diskusi tersebut.
C.           Kegiatan akhir  ( + 5 menit )
a.    Guru memberikan apresiasi terhadap laporan hasil diskusi yang telah dikumpulkan oleh masing-masing kelompok
b.    Guru memberikan bimbingan kepada masing-masing kelompok dalam mengisi draf makalah yang telah dibagikan bersama dengan LKS 01
c.    Guru memberikan informasi, agar isi dari setiap bagian pada draf tersebut dapat ditun
d.    Guru menyampaikan rencana kegiatan pada pertemuan berikutnya.
 VII.        Penilaian
1.    Penilaian proses
·         Penilaian kelompok dengan pengamatan proses kerja kelompok (LOAS) terlampir.
2.    Penilaian hasil
a)    Penilaian individu
-       Teknik      : tertulis
-       Bentuk     : Essay (terlampir)
b)    Penilaian kelompok
-       Rubrik berdasarkan LOAS



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Satuan Pendidikan             : SMA Negeri 4 Palopo
Mata Pelajaran                     : KIMIA
Kelas/ Semester                   : XI / 2
Pertemuan                            : Keempat
Alokasi Waktu                      : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi           : Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa,  
  metode pengukuran, dan terapannya



I.        Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan sifat larutan penyangga dan peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup.

II.        Indikator Pencapaian
A.   Kognitif
1.      Produk:
a.    Menjelaskan peranan larutan penyangga dalam darah
b.    Menjelaskan peranan larutan penyangga pada obat-obatan
c.    Menjelaskan peranan larutan penyangga dalam air danau/kolam
d.    Menyajikan makalah atas permasalah yang diungkap pada pertemuan 1 yang kemudian dikerja secara berkelompok sebagai tugas terstrktur.
e.    Membuat notulen hasil diskusi kelas.
2.      Proses:
a.    Melakukan diskusi kelompok untuk mengerjakan soal-soal  pada LKS 04
1)    Menjelaskan peranan larutan penyangga dalam darah
2)    Menjelaskan peranan larutan penyangga pada obat-obatan
3)    Menjelaskan peranan larutan penyangga dalam air danau/kolam
b.    Melakukan diskusi kelas untuk menyajikan makalah hasil kerja kelompok sebagai tugas tersturktur sesuai draf pada LKS 05 diantaranya:
1)    Judul makalah
2)    Latar belakang
3)    Rumusan maslah
4)    Tinjauan pustaka
5)    Hipotesis
6)    Metode penelitian
7)    Pembahasan
8)    Kesimpulan dan saran
9)    Daftar pustaka
B.   Afektif
1.    Karakter
a.    jujur
b.    tanggung jawab
c.    teliti
d.    optimis
2.    Keterampilan sosial
a.    bertanya
b.    menyumbang ide atau berpendapat
c.    menghargai pendapat teman
d.    berkomunikasi

III.        Tujuan Pembelajaran
A.   Kognitif
1.    Produk:
a.    Menjelaskan peranan larutan penyangga dalam darah, sesuai dengan kunci LKS 04.
b.    Menjelaskan peranan larutan penyangga pada obat-obatan, sesuai dengan kunci LKS 04.
c.    Menjelaskan peranan larutan penyangga dalam air danau/kolam,  sesuai kunci LKS 04.
d.    Menyajikan makalah atas permasalah yang diungkap pada pertemuan 1 yang kemudian dikerja secara berkelompok sebagai tugas terstrktur.
e.    Membuat notulen hasil diskusi kelas..
3.    Proses:
c.    Diberikan LKS/XI-2/LP/04, siswa dapat mendiskusikan jawabannya sesuai dengan kunci jawaban.
d.    Disediakan buku siswa yang berisi berbagai informasi yang dibutuhkan untuk menjelaskan larutan penyangga sesuai dengan pertanyaan pada LKS 04, melalui diskusi kelompok, siswa menyelesaikannya  sesuai kunci LKS 04.
C.   Afektif
1.    Karakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa dan siswa dapat menunjukkan karakter kejujuran, tanggung jawab, dan teliti.
2.    Keterampilan sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa dan siswa dapat menunjukkan perilaku keterampilan sosial bertanya, menyumbangkan ide atau berpendapat, menghargai pendapat teman dan berkomunikasi.

IV.        Materi Pokok
Materi                   : Larutan penyangga
Sub materi          : Peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup

V.        Sumber Belajar/Media Pembelajaran
1.    Sumber belajar :
·         Artikel O-FISH dari situs  www.o-fish.com/Air/Kemasaman.php
·         Buku Larutan Penyangga SMA Kelas XI Semester 2 (Produk pengembangan)
·         Sains Kimia 2 SMA/MA (Penerbit Sinar Grafika)
·         Kimia untuk Kelas XI SMA/MA (Penerbit Platinum)
2.    Media pembelajaran :
·         LKS Larutan Penyangga
·         Laptop/LCD Proyektor

VI.        Kegiatan Pembelajaran

1.    Model                   : Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM)
2.    Pendekatan        : Pemecahan Masalah/Pengajuan Masalah
3.    Metode                 : Penemuan terbimbing, diskusi, curah pendapat.
Skenario Pembelajaran
A.     Kegiatan awal (+ 10 menit )
(Fase I : Orientasi siswa pada masalah)
a.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran (KD dan indikator)
b.    Guru memotivasi siswa dengan cara menyampaikan hubungan antara hasil percobaan tentang larutan penyangga pada pertemuan sebelumnya dengan sub materi yang akan dibahas.
c.    Guru memberikan beberapa pertanyaan kuis secara langsung untuk menyegarkan ingatan siswa tentang konsep larutan penyangga yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya .
B.     Kegiatan inti (+ 55 menit)
(Fase II : Mengorganisasi siswa untuk belajar ) (+ 5 menit)
e.    Guru mengorganisasi siswa ke dalam kelompoknya masing-masing.
f.     Guru menginstruksikan kepada siswa untuk membuka LKS 04 yang dibagikan oleh guru.
g.    Guru memberi petunjuk kepada siswa tentang cara mengerjakan soal yang diajukan pada LKS 04 yang akan dikerjakan secara berkelompok.
(Fase III : Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok) (+ 20 menit)
h.    Guru membantu siswa mengorganisasikan tugas yang akan dikerjakan sebagaimana yang terdapat dalam LKS-nya masing-masing (LKS/XI-2/LP/04) secara berkelompok
i.      Membuat hipotesis sebelum mengerjakan soal nomor 2 pada LKS 04.
j.      Guru melakukan pemantauan kepada setiap kelompok untuk mengetahui hambatan belajar yang mungkin dialami oleh setiap kelompok dalam mengerjakan tugas dalam LKS 04
k.    Siswa melakukan curah pendapat dalam kelompok atas jawaban pertanyaan pada LKS 04 tentang peranan larutan penyangga dalam kehidupan sehari-hari.
l.      Guru mengarahkan siswa untuk membuat laporan hasil diskusi.
(Fase IV : Mengembangkan dan menyajikan hasil karya)    (+ 10 menit)
m.  Guru memberikan bimbingan agar dilakukan curah pendapat dalam kelompok sebagai persiapan presentasi
n.    Guru memeriksa hasil karya (makalah) setiap kelompok yang akan dipresentasikan dan sekaligus memberi motivasi agar masalah tentang pem-buffer-an dalam air yang diberikan pada LKS 01 dipahami dengan baik.
(Fase V :  Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah)    (+ 20 menit)
o.    Mengarahkan setiap kelompok untuk mengecek kembali proses penyelesaian masalah dalam makalahnya masing-masing yang telah dibuat.
p.    Salah satu kelompok mempresentasikan makalahnya setelah diundi, serta kelompok lain sebagai penyangga agar mempersiapkan pertanyaan/tanggapan/masukan.
C.           Kegiatan akhir  ( + 25 menit )
q.    Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap makalah tentang proses pem-buffer-an dalam air yang dibuat
r.     Guru memberikan informasi dan klarifikasi terhadap pertanyaan dan jawaban siswa.
s.    Guru melakukan posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa selama 4 kali pertemuan.
 VII.        Penilaian
1.    Penilaian proses
·         Penilaian kelompok dengan pengamatan proses kerja kelompok (LOAS) terlampir.
3.    Penilaian hasil
a)    Penilaian individu
-       Teknik      : tertulis
-       Bentuk     : Essay (terlampir)
b)    Penilaian kelompok
-       Rubrik berdasarkan LOAS
LEMBAR OBSERVASI AKTIFITAS SISWA

Kelas/Semester        : XI. IPA.2 / 2
Materi Pokok             : Larutan Penyangga
Pertemuan ke-         : …………..
Petunjuk :
Berilah tanda check list (√) pada angka-angka yang sesuai dengan pengamatan Anda pada kolom indikator yang tersedia:
Skor 4 : Amat Baik
Skor 3 : Baik
Skor 2 : Kurang
Skor 1 : Kurang Sekali

No
Aspek yang Dobservasi
Skor
Total Skor
1
2
3
4
1
Antusias dalam mengikuti pembelajaran





2
Interaksi dengan guru





3
Interaksi dengan teman





4
Aktifitas dalam  kelompok





5
Partisipasi penyampaikan hasil kerja kelompok





Pedoman Penskoran
Total skor:
0 s/d 5            : sangat tidak aktif
6 s/d 10          : tidak aktif
11 s/d 15        : aktif
16 s/d 20        : sangat aktif


1 komentar: