Selasa, 24 Juli 2012

LEMBAR OBSERVASI PENGELOLAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH


Instrumen Penelitian
(Peneliti : Yusuf Sehe)…………

LEMBAR OBSERVASI
PENGELOLAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
PADA MATA PELAJARAN KIMIA


Hari/Tanggal             : Selasa / 12 April 2011
Sekolah                     : SMAN 4 Palopo
Kelas/Semester        : XI. IPA.2 / 2
Materi Pokok             : Larutan Penyangga
Pertemuan ke-         : 4 (empat)
Pengamat                 : Risnawar Bakri, S.Pd.

Petunjuk :
Lembar ini diisi oleh pengamat pada saat proses pembelajaran, yang memuat  aspek-aspek  pengukuran  dari  penerapan  model Problem  Based Learning (PBL). Berilah tanda check list (√) pada angka-angka yang sesuai dengan pengamatan Anda pada kolom indikator yang tersedia:
Skor 5 : Baik Sekali
Skor 4 : Baik
Skor 3 : Cukup
Skor 2 : Kurang
Skor 1 : Kurang Sekali

No.
Aspek yang Diamati
1
2
3
4
5
1.
Pemberian  apersepsi  dengan  menanyakan  materi sebelumnya kepada siswa.





2.
Penjelasan   materi diikuti dengan pemberian masalah kepada siswa.





3.
Pembagian kelompok (membagi siswa   ke dalam kelompok   kecil   yang   heterogen   dimana   satu kelompok terdiri dari 7-8 orang).





4.
Pengarahan kepada siswa untuk bergabung dengan anggota kelompoknya masing-masing.





5.
Pengarahan  kepada  siswa  untuk  membagi  tugas sesuai dengan peran masing-masing.





6.
Pemberian lembar kerja kelompok kepada masing-masing kelompok.







7.
Meminta siswa untuk mendiskusikan penyelesaian masalah yang akan diberikan secara berkelompok dengan memanfaatkan berbagai sumber referensi terutama buku siswa yang telah dikembangkan..





8.
Pengarahan   dan   pengawasan   kegiatan   diskusi kelompok yang berlangsung agar siswa aktif dalam berdiskusi.





9.
Meminta        masing-masing         kelompok melalui perwakilannya   untuk   menyajikan   materi   yang didiskusikan di depan kelas.





10.
Meminta        kelompok       lain      untuk memberikan tanggapan   terhadap   presentasi   kelompok   yang maju ke depan.





11
Mengumpulkan hasil kerja kelompok





12
Pemberian   penghargaan berupa   (pujian, ucapan selamat,)  kepada  kelompok  yang  berhasil memecahkan masalah.





13
Pemberian   tes   individu   sebagai   umpan balik terhadap hasil pembelajaran





14
Menyimpulkan materi pelajaran.





15
Menutup proses pembelajaran









Pengamat,


Tidak ada komentar:

Posting Komentar